Perusahaan Israel Kembangkan Sistem Mata-mata dan Menjualnya ke Negara Asing Termasuk di Kawasan Teluk

0

Jerusalem, Okenesia.com – Sebuah perusahaan siber Israel berhasil mengembangkan sistem mata-mata yang diekspor ke negara-negara asing, termasuk di wilayah Teluk, menurut laporan surat kabar Ibrani. Surat kabar Haaretz mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak terkenal sebelum pengumuman yang tidak biasa oleh unit keamanan “Malmab” pada bulan Februari lalu, yang menyatakan sedang menyelidiki perusahaan dan manajernya.

Perusahaan tersebut mengembangkan dan menjual program untuk memantau lokasi ponsel dan aktivitas penggunanya di internet serta mengakses data komunikasi di ponsel. Dugaan terhadap perusahaan tersebut terkait dengan pelanggaran undang-undang pengawasan ekspor keamanan dan pelanggaran keputusan kepabeanan serta “memperoleh sesuatu dengan penipuan.”

Menurut dugaan, perusahaan tersebut memasarkan dan mengekspor produk siber yang memerlukan pengawasan ke sejumlah negara pada berbagai acara, semuanya melanggar hukum dan tanpa izin dari kementerian pertahanan. Surat kabar tersebut menunjukkan bahwa pengumuman tersebut sangat tidak biasa dari kementerian pertahanan, yang biasanya tidak mengumumkan penyelidikan yang dilakukan terhadap dugaan pelanggaran undang-undang ekspor keamanan.


Baca juga:


Menurut catatan perusahaan, “NFV” didirikan pada tahun 2015 dan berbasis di kota Kfar Saba, Israel. Saham perusahaan dikuasai oleh seorang wanita bernama Afghar Noked dan memiliki paten dalam bidang komunikasi nirkabel.

Unit Militer Israel dan Departemen Ekspor Keamanan sedang menyelidiki perusahaan tersebut, serta suaminya, David Shaul, dan mantan karyawan perusahaan teknologi lain yang didirikan oleh Shaul, karena diduga melanggar hukum pengawasan ekspor keamanan dan melanggar ketentuan yang dapat merugikan keamanan negara.

Satuan yang berwenang menahan sistem komputer milik “NFV” saat sedang dikirim ke pelanggan di luar negeri. Mereka berpikir bahwa produk ini tidak perlu lisensi ekspor karena tidak tercakup dalam lisensi ekspor yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan.

Shaul juga memiliki saham di perusahaan lain bernama “Web Guard Technology” yang mengeluarkan sistem pemantauan dan pelacakan seluler untuk intelijen dan penegakan hukum di seluruh dunia.

Selama penyelidikan, “Militer Unit Investigasi” menyita komputer dan ponsel dari perusahaan dan tersangka, namun awalnya kesulitan untuk membobolnya dan mengambil konten yang dibutuhkan untuk penyelidikan.

Berbeda dengan perusahaan cyber serangan Israel lainnya seperti NSO, “Fragoone” dan “Quadream”, NFV tidak dikenal dan tidak ada informasi tentang produk atau penjualan perusahaannya. Dokumen internal yang diperoleh oleh surat kabar ini berasal dari beberapa tahun yang lalu dan mengungkapkan apa yang dijual oleh perusahaan, namun kemampuan spionase yang ditawarkannya mungkin telah berkembang sejak saat itu.

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa perusahaan telah menjual perangkat lunak kepada negara asing untuk memantau lokasi target dengan mengenali nomor SIM pada ponsel target dan melacak jaringan seluler. Perangkat lunak dapat memberikan peringatan ketika target masuk atau keluar dari negara tertentu atau daerah yang telah ditentukan sebelumnya. Menurut perusahaan, pengenalan lokasi dibantu oleh informasi geografis yang diperoleh dari jaringan sosial.

Penjualan kemampuan pelacakan sedang dilakukan, dengan menghubungkan sistem NFV ke perusahaan internet dan ponsel seluler di negara pelanggan. Koneksi ini memberikan pengguna sistem detail pemantauan pengguna dan memungkinkan pelacakan komunikasi seluler dan internet target, selama pelacakan dan secara historis, serta melihat riwayat penelusuran dan aktivitas lainnya dari target, dan membangun profil perilaku.

Menurut dokumen, pelanggan dapat mengakses aplikasi pesan terenkripsi untuk target dan melacak akun target di jejaring sosial. Namun tidak jelas jenis aplikasi apa yang dimaksud dan kemungkinan akses apa yang tersedia.

Pelacakan semacam ini melibatkan penetrasi ponsel dengan perangkat lunak mata-mata, seperti “Pegasus” atau “Predator”, dan oleh karena itu tidak memungkinkan penetrasi komunikasi terenkripsi untuk aplikasi “WhatsApp” dan “Signal”. Namun, ia memungkinkan pengumpulan informasi tentang percakapan masuk dan keluar yang tidak terenkripsi.

Seorang pengacara hak asasi manusia, Itay Mack, yang aktif dalam mengungkap penggunaan teknologi Israel yang diklaim tidak patuh pada pengawasan, mengatakan bahwa lembaga pengawasan ekspor keamanan melaksanakan beberapa puluh operasi pengawasan dan penegakan hukum setiap tahun, tetapi penyelidikan pidana adalah “peristiwa yang jarang terjadi”.

Itay menambahkan bahwa lembaga pengawasan ekspor biasanya “tidak mengumumkan mengumumkan penyelidikan kecuali ada masalah penting dari perspektif internasional, seperti ketika warga Israel menjual rudal dan amunisi yang ditargetkan ke China saat itulah ada kepentingan yang menjadi perhatian mereka. Dan penyelidikan ini terhadap NFV tidak biasanya dan nampaknya sepertinya trik publistitas.

Setelah kasus Pegasus terjadi, Israel telah memperketat pengawasan terhadap industri siber dan menempatkan NSO Group dan Candiru, perusahaan keamanan siber lainnya, di dalam daftar hitam Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat. Namun, Surat kabar Haaretz menukil dari sumber produksi siber mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, telah ada beberapa kelonggaran dalam penerbitan lisensi ekspor, sehingga teknologi ini dapat ditawarkan kepada negara-negara yang sebelumnya dilarang membelinya.

Sumber: Arabi21

Comments
Loading...