Sukseskan Program SJSP, TPHP Banggai Akui Butuh Keterlibatan OPD Lain

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP Banggai tengah berupaya menjadi instansi motor penggerak mewujudkan kesuksesan program Satu Juta Satu Pekarangan (SJSP). Program ini merupakan salah satu program andalan Pemda Banggai di bawah kendali Amirudin-Furqanuddin.

Untuk menyukseskan program andalan itu, Dinas TPHP Banggai telah menyalurkan ribuan benih bibit kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) seantero Kabupaten Banggai. Bantuan itu bersifat full paket. Artinya, tak hanya benih bibit saja, tapi didistribusikan pula beragam jenis pupuk, andam hingga handsprayer.

Setidaknya, tahun ini Dinas TPHP Banggai menyalurkan ribuan benih bibit beserta fasilitas lainnya kepada 166 kelompok kampung sayur. Setiap kelompok kampung sayur, minimal mengelola lahan 1 hektare. Lahan yang dimanfaatkan itu merupakan areal milik desa atau lahan tak termanfaatkan yang berada di kampung, bukan di kawasan perkebunan.

Terdapat tiga jenis benih didistribusikan kepada kelompok kampung sayur yang dikelola KWT, yakni cabai, terung dan bawang merah.

Program tersebut kata Kepala Bidang Hortikultura, Dinas TPHP Banggai, Choirul Ashari Mambuhu, butuh dukungan pemerintah desa. “Program ini memang harus didukung instansi lain. Seperti pemdes dalam hal ini Bumdes (Badan Usaha Milik Desa),” tutur Choirul kepada pewarta di ruang kerjanya, Rabu (29/5/2024).

Keterlibatan Bumdes itu sebut Irul-sapaan karib Choirul, untuk urusan pasca-panen kampung sayur. Setiap desa memiliki Bumdes. Bumdes yang dimaksud ini, bukan simpan pinjam, tapi membeli hasil panen.

“Jadi, Bumdes itulah yang membeli hasil panen kelompok kampung sayur. Nanti, Bumdeslah yang memasarkannya,” kata Irul.

Dengan keterlibatan Bumdes itulah, maka urusan pemasarannya tertangani. Kelompok wanita tani yang mengolah lahan program satu juta satu pekarangan itu, hanya terkonsentrasi pada proses tanam hingga pemeliharaan tanaman, tidak disibukkan dengan mencari calon pembeli.

Jika berjalan dengan baik, maka putaran ekonominya berjalan dinamis. (top)

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!