Dinas TPHP Banggai Gandeng Essa PT PAU Berdayakan Kelompok Tani

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Banggai menggandeng manajemen Essa PT Panca Amara Utama (PAU) dalam hal pemberdayaan kelompok tani.

Essa PT PAU, produsen pupuk amonia yang berlokasi di Desa Uso, Kecamatan Batui ini turut mendorong kerja sama dengan Pemda Banggai.

Kerja sama yang dibangun keduanya, salah satunya melalui program pemberdayaan kelompok tani yang bergerak di bidang komoditi holtikultura. Kerja sama ini telah dimulai sejak tahun 2023.

Model kerja sama ini disalurkan lewat bantuan alat mesin pertanian, benih dan pupuk. Jika sebelumnya, perusahaan padat modal ini hanya menyalurkan bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) terkait dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan dari kegiatan bisnisnya, kini sudah terjadi perubahan.

Kali ini, konsepnya berubah dengan melibatkan beberapa instansi teknis pemerintah daerah, seperti Dinas TPHP, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kepala Bidang Holtikultura, Dinas TPHP Banggai, Choirul Ashari Mambuhu, SP, MP mengatakan, berkat kerja sama ini telah meningkatkan produktivitas dan bagian dari pemberdayaan bagi masyarakat petani.

“TPHP Banggai salah satu yang turut dilibatkan melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) yang diawali dengan kesepakatan bersama antara kepala daerah dan perusahaan,” ungkap Choirul Ashari Mambuhu di sela sela penyerahan bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) dan pupuk kepada tujuh kelompok tani bersama perwakilan perusahaan di halaman kantor Dinas TPHP Banggai, Rabu (17/7/2024).

Adapun kelompok tani yang mendapatkan bantuan tahun ini, yakni Kelompok Pemuda Peduli Pangan di Kecamaran Nambo Lempek (penanaman terong), Uduk Mombale, Desa Padungnyo Kecamatan Nambo (tomat) dan Sampuun Maroso, Desa Nonong, Kecamatan Batui (tomat).

Kelompok lain, seperti Screen House di Desa Uso. Kecamatan Batui juga mendapatkan bantuan, Kelompok Bungkutnyo, Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui (penanaman tomat), Lajangan 1, Kelurahan Mondonun, Kecamatan Kintom (tomat) dan Kelompok Milenial, Desa Dimpalon Baru, Kecamatan Kintom (tomat).

“Pemda pada HUT ke 64 Banggai baru-baru ini telah memberi penghargaan kepada Essa PT Panca Amara Utama atas dukungannya terhadap program prioritas daerah Satu Juta Satu Pekarangan,” sebut Choirul.

Tahun 2023 lalu lanjut Choirul, bantuan serupa diluncurkan kepada 14 kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Luwuk Selatan, Kintom, Nambo dan Batui.  Berupa pemberian bantuan alat, benih cabai, tomat, pupuk cair dan padat serta perangkat pos bidik (pengelolaan kompos) yang berada di Kecamatan Toili.

CSR Officer Essa PT PAU, Hadi Supriyanto mengatakan, pemberian bantuan tidak hanya berhenti pada penyerahan apa yang dibutuhkan petani, tetapi juga terus melakukan evaluasi keberhasilan petani itu sendiri dan tidak menutup kemungkinan diberikan reward dalam berusaha.

“Kita akan evaluasi, bagaimana sisi manajemen pengelolaannya, teknik bercocok tanam dan lainnya,” ujar Hadi.

Ia berharap dengan bantuan ini, petani bisa meningkat dan berkembang secara mandiri serta berlanjut usaha pertaniannya. “Harapan kami selaku perusahaan agar masyarakat bisa mengelola secara mandiri setiap bantuan yang diberikan dan berhasil,” ucapnya.

Berikut ini jenis jenis bantuan berupa bibit dan saprodi yang diberikan yakni, bibit tomat, hand sprayer gendong, pupuk kompos, pupuk organik cair (POC), mulsa, kultivator dan trey pot.

Jenis lainnya berupa bantuan plastik UVI, inseknet, polybag, trey semai, slang drif, pipa paralon, kayu, kran, paku, weed net, slang piping dan tandon. (top/*)

Comments
Loading...