8 Arah Strategis Pembangunan Kabupaten Banggai 2025

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pemda Banggai menetapkan tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2024, yakni ‘Peningkatan kemandirian dan daya saing daerah serta kesejahteraan masyarakat, melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan’.

Bupati Banggai, Amirudin menjelaskan bahwa untuk mewujudkan tema pembangunan daerah itu, Pemda Banggai menetapkan delapan prioritas daerah tahun 2025 mendatang. Delapan prioritas pembangunan daerah itu disampaikan Bupati Amirudin di sidang paripurna DPRD Banggai tentang penetapan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2025, Jumat (19/7/2024).

Delapan prioritas pembangunan itu adalah;

Pertama, pembangunan manusia berkualitas dan berdaya saing.

Kedua, ekonomi kerakyatan berbasis potensi, keunggulan lokal dan pemanfaatan teknolohi.

Ketiga, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar.

Keempat, ketahanan pangan daerah.

Kelima, investasi daerah di sektor pertambangan.

Keenam, lingkungan hidup tata ruang dan ketahanan bencana daerah.

Ketujuh, pariwisata, kebudayaan daerah dan mooerasi beragama.

Kedelapan, penguatan reformasi birokrasi.

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Banggai bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah tuntas menyelesaikan pembahasan dokumen KUA PPAS tahun anggaran 2025. Dokumen itu sebut Bupati Amirudin, merupakan salah satu dokumen perencanaan anggaran tahunan yang antara lain membuat substansi strategis, target pencapaian kinerja yang terukur dari program-program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemda untuk setiap urusan pemerintahan daerah yang diserta dengan proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan yang disertai dengan asumsi yang mendasarinya.

Agenda yang dipandu Ketua DPRD Banggai, Suprapto didampingi Wakil Ketua I, Batia Sisilia Hadjar itu dihadiri Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin. (top)

Comments
Loading...