Gencatan Senjata Sedang Dirundingkan, Israel Terus Lancarkan Serangan Brutal

0

JAKARTA, OKENESIA.COM— Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) menilai, Israel tak serius merundingkan upaya gencatan senjata yang dimediasi Qatar dan Mesir. Penilaian itu disampaikan otoritas Hamas dalam keterangan pers seperti dikutip dari situs Hamasinfo, Ahad (11/8/2024).

Pernyataan trilateral mengenai perundingan gencatan senjata. Sejak awal agresi di Jalur Gaza, Hamas sangat ingin menyukseskan upaya mediator di Mesir dan Qatar, untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan mengakhiri perang genosida dan menegaskan dukungannya terhadap segala upaya untuk mencapai penghentian agresi.

Hamas telah terlibat dalam beberapa putaran perundingan dan telah memberikan semua fleksibilitas dan sikap positif yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan kepentingan rakyat, menghentikan pertumpahan darah, dan mengakhiri genosida terhadap mereka dengan cara yang membuka jalan bagi pertukaran tahanan, distribusi bantuan, kembalinya para pengungsi, dan rekonstruksi apa yang hancur akibat agresi. Dalam konteks ini, Hamas menyetujui usulan mediator pada 6 Mei 2024, dan menyambut baik pengumuman Presiden Biden pada 31 Mei 2024, dan resolusi Dewan Keamanan PBB 2735 terkait hal ini, yang ditolak musuh dan terus melakukan pembantaian terhadap di Jalur Gaza.Israel terus menekankan pendirian mereka tidak serius mengenai gencatan senjata permanen, dan praktik agresif mereka terhadap rakyat adalah bukti praktis dari hal tersebut.

“Meskipun kami dan saudara-saudara mediator kami di Mesir dan Qatar mengetahui niat dan pendirian sebenarnya dari pendudukan dan perdana menterinya, gerakan tersebut menanggapi perjanjian terbaru pada 2/7/2024, yang mana musuh dihadapkan dengan kondisi baru yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Diusulkan selama proses perundingan, dan terus meningkatkan agresinya terhadap rakyat kami dan melakukan lebih banyak pembantaian, yang mengarah pada pembunuhan pemimpin kami, pemimpin syahid, Ismail Haniyeh—semoga Allah merahmatinya—sebagai penegasan niat mereka untuk melakukan hal yang sama. melanjutkan agresi dan tidak mencapai kesepakatan gencatan senjata,” ungkap Otoritas Hamas.

Bahkan setelah pengumuman pernyataan trilateral tersebut, musuh melakukan pembantaian terhadap orang-orang terlantar di sekolah Al-Tabin di lingkungan Al-Daraj di Gaza saat mereka sedang melaksanakan salat subuh pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2024, yang menyebabkan lebih dari seratus warga sipil tewas dan lebih dari 250 lainnya terluka.

Mengingat hal ini, dan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap rakyat dan kepentingan mereka, gerakan ini menyerukan kepada para mediator untuk menyerahkan rencana guna melaksanakan apa yang telah mereka sampaikan kepada gerakan dan disetujui pada tanggal 2 Juli 2024, berdasarkan visi Biden dan resolusi Dewan Keamanan, dan untuk mewajibkan pendudukan untuk melakukannya, alih-alih melakukan lebih banyak putaran negosiasi atau proposal baru yang memberikan kedok bagi agresi pendudukan dan memberinya lebih banyak waktu untuk mengabadikan perang genosida terhadap rakyat Palestina. (top/hamasinfo/*)

Comments
Loading...