Warga Apresiasi Polisi Razia Penginapan Luwuk

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Sejumlah warga Luwuk mengapresiasi langkah kepolisian dalam melakukan razia di beberapa penginapan di seputar kota Luwuk. Salah satunya adalah Martono (35). Warga kecamatan Luwuk Selatan ini menilai, tindakan aparat kepolisian dalam merespons laporan dari warga terkait maraknya aksi prostitusi akhir-akhir ini patut diapresiasi sebagai langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Perlu memang itu razia sebagai upaya preventif, juga peran aparat dalam memastikan tidak ada pelanggaran norma dan nilai-nilai Pancasila,” kata Martono, Jumat (16/8/2024).
Kendati demikian, warga lain pun berharap, aparat kepolisian dapat memperketat penjagaan usai melakukan razia di sejumlah penginapan Luwuk. Hal itu untuk mencegah peredaran narkoba, seperti yang diutarakan Muhammad Muadz, warga kecamatan Luwuk Utara.
“Hal yang perlu dilakukan juga selain laporan dari pemilik penginapan adalah adanya penjagaan khusus pada titik-titik tertentu atau waktu-waktu tertentu. Selain itu pentingnya edukasi kepada masyarakat dan para pihak yang potensial terjebak dan terjerat narkoba. Narkoba di Sulteng ini sangat parah karena masuk 4 besar se-Indonesia. Bahkan korban dan pengedarnya menjamah hingga anak sekolah dasar dan ibu-ibu rumah tangga,” pungkas Muadz, Kamis (15/8/2024).
Seperti diketahui, aparat kepolisian melalui satuan Samapta Polres Banggai beberapa waktu lalu melakukan razia. Aksi itu pun menyasar sejumlah penginapan yang berada di kota Luwuk, kabupaten Banggai.
Kepala satuan (Kasat) Samapta Polres Banggai, AKP Jimyarto Anasim menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai upaya preventif atau pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
Selain itu, kata dia, langkah ini pun dilakukan sebagai respons atau tanggapan atas beredarnya informasi terkait sejumlah penginapan yang kerap disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta informasi terkait penyakit masyarakat yang sering terjadi di tempat-tempat tersebut. Diharapkan, langkah tersebut juga dapat mengantisipasi aksi kriminalitas, terutama prostitusi dan narkoba yang sering menyusup.
“Semoga upaya ini dapat mengurangi angka kriminalitas dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” ungkap Kasat AKP Jimyarto, dalam rilis Samapta Polres Banggai beberapa waktu lalu. (zul)

Comments
Loading...