Disambut Tarian Umapos, Bali Mang Tak Kuasa Hingga Meneteskan Air Mata

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Calon Wakil Bupati Banggai, Samsul Bahri Mang sempat meneteskan air mata saat momen penyambutan ketika tiba di pintu gerbang Kantor KPU Banggai, Kamis (29/8/2024).

Pasangan Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang disambut dengan dua tarian khas daerah. Tarian pertama Tarian Molabot yang dalam Bahasa Saluran bermakna penyambutan. Tarian kedua adalah Umapos.

Prosesi itu memang diberlakukan terhadap tiga pasangan calon sejak hari pertama mendaftar hingga hari terakhir waktu pendaftaran pasangan calon.

Di momen penyambutan itulah, Samsul Bahri Mang meneteskan air mata. “Saya terharu,” singkat Bali Mang-sapaan karib Samsul Bahri Mang menjawab pertanyaan pewarta alasan ia meneteskan air mata.

Umapos menggunakan pakaian Adat Saluran diiringi pukulan gendang memang bikin merinding. Itu khusus bagi mereka yang memahami pemaknaan di balik itu. Dan Bali Mang memahami kondisi psikologi.
Rasa harunya itu, karena dirinya sebagai putra yang terlahir dari Suku Saluan, melihat banyak dari kalangan saudaranya yang hidup di garis kemiskinan.

Itulah salah satu pelecut bagi Bali Mang untuk tampil di kontestasi Pilkada Banggai.
Mereka yang berada di bawah garis kemiskinan seolah termarjinalkan oleh kondisi. Padahal, pemerintah berkewajiban mengintervensi kondisi tersebut.

“Banyak saudara saudara yang butuh intervensi pemerintah, agar mereka mapan,” katanya dengan suara tetiba meninggi.

Di kesempatan konferensi pers usai dinyatakan berkas pasangan calon lengkap dan bersyarat, Sulianti Murad menjelaskan alasan memilih Bali Mang.

“Bali Mang asli Babasal. Dengan adanya Bali Mang, masyarakat Babasalan bersatu memenangkan pasangan ini,” ungkap Sulianti Murad.

Selain putra asli daerah, elektabilitas terpelihara dengan baik. Bali Mang menjadi anggota Dewan Banggai selam a20 tahun. Selama periodenya itu, Bali Mang menjabat sebagai Ketua DPRD Banggai dua periode dan satu periode menjadi Wakil Ketua I DPRD Banggai.

Bali Mang kata Sulianti Murad memiliki segudang pengalaman. “Kami siap untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Banggai. Pak Bali adalah solusi bagi masyarakat,” ungkap Sulianti Murad. (top)

Comments
Loading...