Ketua Sinode GKLB Apresiasi Kunjungan Silaturahmi Paslon Sulianti-Samsul Bahri

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Ketua Sinode GKLB Pendeta Moses Hata’a mengapresiasi kunjungan silaturahmi pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Banggai, Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang.

Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang, mengunjungi kantor Sinode Gereja Kristen Luwuk Banggai (GKLB), Senin (2/9/2024).

Keduanya disambut para petinggi Sinode bersama sejumlah staf. Pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, membahas sejumlah program yang dikorelasikan dengan program unggulan pasangan calon.

“Ini merupakan penghargaan bagi kami, telah dikunjungi oleh ibu Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang. Untuk diketahui, Sinode tidak hanya menerima kebijakan, tetapi ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Banggai,” tutur Pendeta Moses Mata’a.

Iapun menyampaikan sejumlah gagasan program dalam pemberdayaan umat Kristiani di Kabupaten Banggai. Seperti peningkatan infrastruktur rumah ibadah, dan pemanfaatan lahan tidur.

Harapan ini, merupakan masukan dari sejumlah warga gereja dalam lingkup Sinode GKLB, kepada para calon pemimpin di daerah ini.

“Ada dua hal yang kami perlu tegaskan, Sinode GKLB belum memastikan pilihannya meskipun ada calon yang Kristiani. Memilih pemimpin itu, yang pertama, harus bersahabat dengan alam, dan yang kedua bersahabat dengan gereja,” tandasnya.

Di kkesempatan yanga sama, Kepala Tata Usaha Sinode GKLB, Rolly Malale juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Paslon Sulianti-Bali Mang.

Ia menilai aura kemenangan saat ini ke Paslon yang berada di garis Prabowo Subianto (Sulianti-Bali Mang.red). Apalagi tagline Paslon adalah Banggai Hebat dimulai dari Ibu.

“Tagline ini sangat tepat dan menggugah masyarakat,” nilai Rolly.

Soal komitmen Paslon Sulianti-Samsul tak perlu diragukan. Pasalnya, pengganti Samsul Bahri Mang di DPRD Provinsi Sulteng pasca mundur sebagai aleg terpilih adalah jemaat Sinode GKLB.

“Yang mengganti om Bali Mang adalah orang Sinode GKLB. Tidak mungkin kami mengkhianati,” ungkapnya.

Menanggapi berbagai gagasan serta masukan Sinode GKLB, Sulianti Murad bersama Samsul Bahri Mang, mengurai ragam program di bidang keagamaan, di hadapan jemaat. Seperti, peningkatan infrastruktur rumah ibadah, peningkatan insentif pendeta, dan pemberdayaan ekonomi.

“Infrastruktur rumah ibadah kami akan perhatikan, begitupun insentif para imam, pendeta, mangku, dan pemuka agama lainnya. Tim kami tengah membedah semuanya dalam postur APBD,” ucap Sulianti diapresiasi pengurus Sinode.

Program di bidang keagamaan kata putri almarhum H. Murad Husain ini, masuk dalam poin misi ke lima, yakni Banggai “HEBAT” Karena Agamis, Berbudaya dan Ekologis, memiliki tujuan, terwujudnya masyarakat agamis, toleran, partisipatif, terjaganya kelangsungan budaya dan kualitas lingkungan hidup.

“Mengatasi lahan tidur, kami memiliki konsep pembangunan berbasis kawasan, dengan membangun sentra-sentra produksi di sejumlah wilayah. Otomatis lahan tidur yang awalnya tidak dimanfaatkan, akan termanfaatkan,” ujarnya.

Senada dikatakan, Calon Wakil Bupati Samsul Bahri Mang. Menurutnya, aspirasi yang disampaikan adalah mayoritas yang dialami masyarakat pada umumnya. Sehingganya program yang digenjot nantinya adalah program yang realistis.

“Kita tidak muluk-muluk, 12 program unggulan kami sangat realistis, menyelesaikan problem yang dialami masyarakat saat ini. Sehingga tidak menjadi hutang di masa akan datang,” urai Bali Mang. (top/*)

Comments
Loading...