Pengumuman Pembongkaran Brigade Rafah Hanyalah Propaganda Militer Israel

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Para komentator dan wartawan Israel mempertanyakan kebenaran klaim tentara pendudukan Israel tentang “pembongkaran Brigade Rafah,” sebuah pengumuman yang dikeluarkan tentara pada hari Kamis, sementara seorang peneliti Palestina mengkonfirmasi kepada Ultra Palestine bahwa pengumuman tentara tersebut terkait dengan konflik dengan Netanyahu. dan keinginan para pemimpin militer untuk mendorong kesepakatan pertukaran. Tentara mengklaim Pendudukan mengatakan bahwa Divisi 162 sejauh ini telah membunuh lebih dari dua ribu pejuang Hamas di Rafah, dan menghancurkan sekitar 13 kilometer terowongan.

Ronen Manelis, mantan juru bicara tentara pendudukan, mempertanyakan validitas klaim tentara tersebut, dan menambahkan bahwa “jika tujuan tersebut benar-benar tercapai, tentara harus mundur, membuat kesepakatan untuk membebaskan para tahanan dan mengakhiri perang bahwa kami telah menyelesaikan tugas dan pada saat yang sama tidak memulihkan orang-orang yang diculik.”

Ronen Manelis mengatakan bahwa Israel “sekarang berada di persimpangan jalan, dan harus mengambil keputusan sekarang: membuat kesepakatan, atau bersiap menghadapi konfrontasi di utara.”

Dia berkata: “Faktanya, lebih dari 10 hari telah berlalu sejak para penculik dibunuh di terowongan, dan tidak ada hasil yang dicapai. Kami tidak menemukan orang-orang yang diculik, kami tidak melakukan operasi besar apa pun di Gaza, kami tidak melakukan operasi besar apa pun di Gaza, kami tidak menyelesaikan masalah di utara, dan kami masih dibombardir.”

Manelis menambahkan bahwa Israel “tidak memiliki strategi, dan telah sepenuhnya kehilangan arah,” yang menunjukkan bahwa kesenjangan antara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Galant menunjukkan bahwa Perdana Menteri membuat keputusan sendiri, sementara Menteri Pertahanan dan dinas keamanan mengambil keputusan sendiri. berpikir secara berbeda. Ia melanjutkan: “Dewan menteri politik-keamanan tidak bertemu, dan memang, mereka tersesat.”
Sementara itu, Alon Ben David, analis urusan militer di Saluran 13 Israel, menunjukkan bahwa pernyataan tentang pembongkaran Brigade Rafah muncul setelah pernyataan Gallant bahwa pusat gravitasi pertempuran akan berpindah ke utara, menekankan bahwa hal ini pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Alon Ben David menjelaskan, dua dari tiga divisi militer utama angkatan darat masih berada di Jalur Gaza, yaitu Divisi Lapis Baja ke-162, dan Divisi ke-98 yang terdiri dari pasukan terjun payung dan pasukan komando, mengingat divisi komando tersebut istirahat dan akan kembali ke Strip nanti.

Ben David berkata: “Sulit membayangkan tentara akan memulai operasi besar-besaran di Lebanon tanpa menggunakan dua dari tiga divisi terkuatnya.”

Menanggapi pengumuman tentara tersebut, Almog Boker, koresponden urusan politik untuk Channel 12 Israel, mengatakan bahwa gerakan Hamas telah berhasil merekrut sekitar 3.000 pejuang dan membangun kembali kemampuannya di Jalur Gaza utara, dan menambahkan bahwa tentara saat ini sedang mempertimbangkan untuk menerapkan tindakan militer. “operasi darat intensif” di Jalur Gaza utara untuk mencegah Hamas mendapatkan kembali kekuasaannya.

Almog Boker menekankan bahwa gerakan Hamas belum menyerah, dan “meskipun tidak sekuat pada tanggal 7 Oktober dalam hal batalion dan brigade, mereka masih memiliki kemampuan yang cukup untuk meluncurkan rudal dan menargetkan pasukan militer di perbatasan Hamas.” Jalur Gaza.”

Sementara itu, Anas Abu Arqoub, seorang jurnalis dan peneliti yang berspesialisasi dalam urusan Israel, menegaskan bahwa pengumuman tentara tentang “pembongkaran Brigade Rafah” adalah pesan langsung kepada publik di Israel, yang mana tentara melampaui level politik, dan menekankan bahwa mereka telah menyelesaikan semua tugas yang diberikan padanya, dan pemulihan tahanan tidak dapat dilakukan hanya melalui transaksi pertukaran.

Anas Abu Arqoub menambahkan kepada Ultra Palestine bahwa jurnalis yang dekat dengan tentara mengkonfirmasi bahwa terowongan yang diumumkan tentara ditemukan di poros Philadelphia ditutup dari sisi Mesir, dan “ini menunjukkan bahwa tentara berusaha untuk menyangkal klaim Netanyahu baru-baru ini tentang Israel. perlunya tentara tetap berada di poros untuk mencegah penyelundupan senjata dari Mesir, dan mencegah melarikan diri Yahya Al-Sinwar bersama para tahanan ke Iran.

Abu Arqoub percaya bahwa pengumuman “pembubaran Brigade Rafah dan menyelesaikan tugas” jelas menunjukkan bahwa konflik antara Netanyahu dan tentara telah memasuki tahap baru, dan bahwa tentara mengambil langkah-langkah yang bertujuan untuk membentuk opini publik yang mendorong ke arah tekanan. Netanyahu akan mencapai kesepakatan pertukaran.

Doron Kadush, seorang koresponden Radio Angkatan Darat Israel, mengungkapkan perkiraan tentara pendudukan yang menunjukkan bahwa sebagian besar operasi penyelundupan dari Mesir ke Gaza terjadi pada era mendiang Presiden Mesir Mohamed Morsi. Ini adalah peralatan besar yang memungkinkan Hamas membangun skala besar. industri pertahanan skala besar dan persediaan amunisi dan rudal yang besar.

Menurut Kaddush, ketika Mesir pada era Abdel Fattah al-Sisi mulai berupaya memblokir terowongan penyelundupan dan memantau penyeberangan Rafah, Hamas memiliki kemampuan produksi sendiri yang sangat besar. (top/*/ultrapalestine)

Comments
Loading...