Ormas Berperan Sukseskan Pilkada

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Dinamika perkembangan dan perubahan sistem pemerintahan, telah membawa paradigma baru dalam tata kelola ormas, sehingga peran ormas dalam pembangunan itu sangat dibutuhkan.

“Pada Pilkada Serentak 2024, kita akan menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, termasuk meningkatnya hoaks, ujaran kebencian, dan politisasi isu-isu sensitif yang dapat memecah belah masyarakat. Sebagai mitra, ormas memiliki tanggung-jawab besar dalam mendukung terciptanya iklim demokrasi yang sehat dan aman, serta menjaga stabilitas politik dan sosial selama proses maupun setelah pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini,” ungkap Gubernur Sulteng dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Banggai Hj. Nurdjalal agenda Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan yang dilaksanakan di Hotel Permai Luwuk, Kamis (3/10/2024).

Gubernur dalam sambutan tersebut mengharapkan agar ormas mampu berperan sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat, serta menjadi pilar utama dalam upaya pencegahan dan penanganan berbagai potensi konflik sosial.

Dikatakan, ormas yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dapat menjadi mitra strategis bagi pemerintah dan lembaga-lembaga politik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik, serta mendorong terciptanya masyarakat yang lebih sadar politik dan aktif dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Arfan, M.Si.saat memberi arahan singkat, juga berkesempatan memimpin doa kepulihan untuk Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir yang saat ini sementara dalam proses pemulihan.

Kegiatan yang bertemakan Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam mendukung Pilkada Di Kabupaten Banggai ini diikuti oleh unsur pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Banggai.

Narasumber berasal dari KPU Kabupaten Banggai dengan materi Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan Dalam Menyukseskan Pilkada Tahun 2024, dan dari Kesbangpol Kabupaten Banggai dengan materi Peran Strategis Badan Kesatuan dan Politik Kabupaten Banggai Dalam Pemberdayaan dan Pengawasan Ormas Menyukseskan Pilkada Tahun 2024. (top/*)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!