Tanpa Akses Jalan, Warga Sakit Ditandu Menuju Puskesmas Biak

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Warga Dusun II Kohoboti, Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai mengeluhkan tak tersedianya infrastruktur jalan di lingkungan mereka, khususnya akses jalan menuju Puskesmas.

Keluhan itu diungkap salah satu Ketua RT, Dusun II, Desa Biak, Moh. Rinto Ibrahim. Pernyataan Rinto itu diketahui dari unggahannya berbentuk video. Video itu berdurasi 1 menit 54 detik.
“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Adapun yang ingin saya sampaikan terkait permasalahan yang ada di Dusun II, Kohoboti, Desa Biak, Kecamatan Utara, yaitu mengenai jalan yang menuju ke Puskesmas,” demikian pernyataan Rinto dalam rekaman video tersebut.

Sebagai masyarakat, Rinto ingin menyampaikan pesan ditujukan kepada Pemda Banggai. Selain pesan ditujukan ke Pemda Banggai, Rinto juga menyampaikan harapan kepada para wakil rakyat di Parlemen Teluk Lalong.

Pesan itu berisi harapan, agar Pemda Banggai bersama Dewan Banggai merealisasikan pembangunan jalan menuju Puskesmas.
“Jadi saya sebagai masyarakat ingin menyampaikan kepada pemerintah daerah yang mana agar supaya bisa memperhatikan jalan menuju Puskesmas. Tolong wakil-wakil rakyat yang ada kursi jangan cuma menghayal. Tolong perhatikanlah kami, kasihan masyarakat yang menuju ke Puskesmas itu yang sakit tinggal diangkat. Tidak ada jalannya ke Puskesmas,” ungkapnya.

Dirinya sebagai masyarakat sekaligus mewakili Desa Biak dan Kecamatan Luwuk Utara menegaskan kembali pemenuhan fasilitas infrastruktur di desa mereka.

Warga lainnya mengaku, harus menggendong istrinya yang sakit untuk dibawa ke puskesmas. ‘Waktu istriku sakit, saya gendong,” kata warga lainnya.

Keluhan tak tersedianya infrastruktur jalan bukan kali ini saja disampaikan. Berulang-ulang disampaikan ke Pemda Banggai. Sayangnya, warga hanya mendapatkan janji belaka tanpa realisasi.

“Puluhan tahun dijanji, tidak juga direalisasikan. Dijanjikan akan dibangunkan jalan, tapi sayangnya hanya sebatas janji semata,” keluh warga.

Okenesia.com juga menerima kiriman potongan video. Di video tersebut, seorang warga yang tengah sakit dibopong menuju Puskesmas.

Warga harus melakukan hal tersebut, karena tak tersedia akses menuju perumahan mereka di Dusun II, Kohoboti, Desa Biak. (top)

Comments
Loading...