Samsul Bahri Mang Tegaskan Komitmen Wujudkan Kesehatan & Peningkatan Ekonomi Masyarakat Banggai

0

BANGGAI, OKENESIA.COM– Calon Wakil Bupati Banggai, Samsul Bahri Mang, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu warga di era kepemimpinan mereka. Komitmen itu untuk mengurangi beban sekaligus menjawab masalah yang mendera warga.

Penegasan itu disampaikan Samsul Bahri Mang di momen kampanye terbatas yang berlangsung di Desa Babangbuyangge, Kecamatan Kintom, Sabtu (12/10/2024).

Samsul Bahri Mang mencontohkan bahwa pasien yang diantar mobil ambulans, warga tak dibebankan biaya. “Pasien yang dibawa ke Luwuk tidak dibayar karena sudah ditalangi oleh dana non-kapitasi yang tersedia,” ungkap Samsul Bahri Mang.

Dalam pertemuan tersebut, Samsul Bahri meminta Naim Saleh, seorang fungsionaris Partai Gerindra yang juga anggota DPRD Banggai, untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai program BPJS.

Diketahui bahwa sekitar 130 ribu warga Banggai dibiayai melalui anggaran Pemda Banggai sebesar lebih dari Rp50 miliar setiap tahunnya.

Warga diminta untuk secara rutin mengecek keaktifan BPJS mereka. Pasalnya, ada banyak kasus di mana warga yang berobat ke puskesmas hanya diberikan waktu satu hari untuk menggunakan layanan BPJS, setelah itu mereka diminta membayar biaya berobat secara pribadi. Itu bagi mereka yang BPJS-nya tidak aktif.

“Kondisi ini cukup banyak terjadi, sehingga penting bagi masyarakat untuk memastikan BPJS mereka aktif,” pinta Naim Saleh.

Selain itu, pemerintah juga telah menganggarkan lebih dari Rp4 miliar untuk operasional kendaraan ambulance. Dengan anggaran ini, Samsul Bahri menegaskan tidak akan ada lagi permintaan biaya kepada warga untuk penggunaan layanan ambulance.

Terkait program ekonomi untuk UMKM
Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, Samsul Bahri juga menyoroti program unggulan mereka dalam pemberian modal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ia menegaskan bahwa hasil produksi UMKM akan dipasarkan di toko-toko dan supermarket. Pemerintah daerah akan memastikan bahwa pemilik supermarket di Banggai diwajibkan untuk menjual produk UMKM.

“Jika supermarket menolak menjajakan produk UMKM lokal, pemerintah daerah berhak mencabut izin operasional mereka. Pihak swasta juga harus turut berkontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Samsul Bahri.

Dengan program kesehatan dan ekonomi ini, pasangan calon Sulianti Murad dan Samsul Bahri Mang optimistis dapat membawa perubahan nyata bagi masyarakat Banggai, dengan fokus pada kesejahteraan dan kemajuan ekonomi rakyat. (top)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!