Putin Sebut Timur Tengah di Ambang Perang Besar

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali buka suara terkait kondisi terkini Timur Tengah. Ketika menghadiri pertemuan BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan South Africa—aliansi ekonomi untuk negara-negara berkembang), Putin menyampaikan pendapatnya di tengah para pemimpin dunia bahwa eskalasi perang di Timur Tengah yang hingga saat ini terus berlanjut bisa saja menyebabkan perang besar dalam waktu dekat.

“Aksi militer yang dimulai setahun lalu di Gaza kini telah menyebar ke Lebanon. Negara-negara lain di kawasan itu juga terkena dampaknya. Tingkat konfrontasi antara Israel dan Iran telah meningkat tajam. Ini semua mengingatkan pada reaksi berantai dan menempatkan seluruh Timur Tengah di ambang perang skala penuh,” ucap Putin, seperti dikutip AFP, Kamis (24/10/2024).

Ketika melanjutkan pembicaraannya dalam puncak acara BRICS di Kazan yang pada saat itu turut dihadiri pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, Putin menegaskan bahwa pertempuran di Timur Tengah tidak akan pernah usai hingga terbentuknya negara Palestina yang merdeka. Selain itu, ia pun mengatakan bahwa perang yang terus berlanjut ini nantinya bakal menimbulkan ketidakadilan secara historis terhadap rakyat Palestina.

“Tuntutan utama untuk memulihkan perdamaian dan stabilitas di wilayah Palestina adalah melaksanakan formula dua negara yang disetujui oleh Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB. Sampai masalah ini terselesaikan, lingkaran setan kekerasan tidak akan mungkin bisa diputus,” tegas Putin. (zul/*)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!