Kampung Moderasi Beragama Perkuat Kerukunan Antarumat

0

BANGGAI, OKENESIA.COMBupati Banggai, Amirudin menaruh harap, Kampung Moderasi Beragama ini semakin memperkuat kerukunan kehidupan antarumat beragama di Kabupaten Banggai. Program inisiasi Kementerian Agama ini harap Amirudin, dapat mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datangnya baik dari dalam maupun dari luar, sehingga permasalahan yang berkembang dapat diantisipasi sedini mungkin.

Harapan itu disampaikan Bupati Amirudin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekkab Abdullah Ali saat membuka secara resmi acara launching Kampung Moderasi Beragama serentak dI 1000 titik se Indonesia. Di Kabupaten Banggai, Kampung Moderasi Beragama dipusatkan di Desa Lembah Keramat, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten Banggai ini turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulteng, Kakan Kemenag Kabupaten Banggai, Camat Toili Barat bersama jajarannya, unsur Forkopimcam, para kepala KUA lingkup Kemenag Kabupaten Banggai, Kepala Desa Lembah Keramat, para pimpinan majelis agama-agama Kabupaten Banggai.

Bupati Amirudin menyebutkan bahwa Kampung Moderasi Beragama memiliki arti mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan moral dan watak sebagai ekspresi sikap keagamaan individu atau kelompok tertentu di tengah keberagaman dan kebhinekaan fakta sosial yang melingkupi kehidupan.

“Karena itu, negara mengancam sikap dan pandangan sempit dari warga negaranya terhadap agama lain. Islam sendiri menekankan toleransi yang sangat luas dan mengakui hak-hak semua agama dan aliran yang hidup dalam masyarakat,” ungkap Bupati Banggai.

Kampung moderasi beragama sangat diharapkan agar mampu dan profesional dalam mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datangnya baik dari dalam maupun dari luar, sehingga permasalahan yang berkembang dapat di antisipasi sedini mungkin.

Pemda terus memberi apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan-kegiatan yang positif dalam membangun daerah, mempersatukan kebersamaan tanpa perbedaan dalam membangun komitmen kebangsaan yang kuat, guna menyukseskan dan mendorong pelaksanaan otonomi daerah, sekaligus menjadi wahana membentuk masyarakat yang demokratis, sebagai konsekuensi logis dalam menghadapi segala perubahan di era globalisasi.

Program Kampung Moderasi Beragama merupakan program yang dimilikj Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama di tengah masyarakat. (top)

Comments
Loading...