Final, Rp4 Miliar Disiapkan Selesaikan Jalan Desa ‘Migas’

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Perjuangan warga Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai membuahkan hasil. Tuntutan infrastruktur jalan segera ditangani di pembiayaan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Banggai tahun anggaran 2023, terwujud.
Ini juga kian membuktikan komitmen lembaga penyalur aspirasi rakyat Parlemen Teluk Lalong, khususnya Komisi II menyerap aspirasi warga Desa Sinorang, desa yang diklaim sebagai desa 1000 lubang (jalan) seperti testimoni warga Sinorang saat gelaran aksi yang dimotori Gerakan Sinorang Sintufu.
“Alhamdulillah, terakomodir Rp4 miliar untuk pembangunan jalan di Desa Sinorang,” tulis anggota Komisi II, DPRD Banggai, Masnawati Muhamad kepada Okenesia.com via aplikasi WhatsApp, Minggu (8/10/2023) malam.
Duet Fraksi Partai Nasdem dan Fraksi Partai Gerindra, DPRD Banggai menyuarakan keberpihakan rakyat itu, agar APBD Perubahan 2023 mengakomodir pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan yang telah berpuluh tahun tidak disentuh perbaikan jalan.
Suara fraksi itu berkesesuaian dengan rekomendasi komisi membidani pembangunan dan lingkungan hidup saat gelaran rapat dengar pendapat bersama warga Sinorang menghadirkan manajemen JOB Tomori Sulawesi, sebagai perusahaan plat merah pemilik sumur #Senoro 2 beberapa waktu lalu. “Fraksi Nasdem & Fraksi Gerindra sesuai rekomendasi Komisi II memasukkan dalam pandangan umum fraksi pada paripurna penyampaian pengantar nota keuangan oleh Bupati Banggai. Kemudian kami tindak lanjuti pada pembahasan di tingkat pansus (panitia khusus). Alhamdulilah, Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) menyetujui anggaran tersebut atas persetujuan Bupati Banggai,” tulis Masnawati Muhamad.
Saat rapat dengar pendapat menyikapi aksi blokade jalan terbatas dengan tidak mengizinkan kendaraan berat melintas di Desa Sinorang pada Jumat tanggal 22 September 2023 itu, Komisi II, DPRD Banggai memberikan jaminan akan mengawal proses pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan tahun anggaran 2023 untuk memastikan bahwa pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai tertangani secara penuh tahun 2023 ini.
Jaminan pengawalan pembiayaan infrastruktur jalan Sinorang itu tertuang dalam poin penting rekomendasi Komisi II, DPRD Banggai menyikapi tuntutan warga Sinorang terkait pembangunan infrastruktur jalan di desa mereka. Agenda rapat dengar pendapat yang dipandu Ketua Komisi II, Dewan Banggai, Sukri Djalumang berlangsung di salah satu ruang Dewan Banggai, Jumat (22/9/2023) itu dihadiri manajemen JOB Tomori Sulawesi, dan perwakilan Pemda Banggai, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banggai, Camat Batui Selatan, Faidil Akbar, Kepala Desa Sinorang, Mursalim didampingi Ketua BPD Sinorang, Ansar serta perwakilan warga Sinorang.
Janji pengawalan itu untuk menambah anggaran pembangunan infrastruktur. Sebelumnya, Dinas PUPR Banggai telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk membangun jalan sepanjang sekira 1.037 meter. Anggaran tersebut telah terakomodir di pembiayaan APBD Perubahan 2023 ini.
Untuk mengamini tuntutan warga, maka Komisi II itu akan berjibaku menambah anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk menuntaskan secara keseluruhan panjang jalan di Sinorang. Dengan tambahan anggaran menjadi Rp4 miliar, maka infrastruktur jalan akan lebih panjang jalan yang akan ditangani. Ini untuk menjawab tuntutan warga.
Tuntutan menyelesaikan seluruh perbaikan jalan di Desa Sinorang telah tertuang dalam APBD Perubahan 2023 yang telah diparipurnakan pada hari Jumat, tanggal 6 Oktober 2023. (top)

Comments
Loading...