293 Guru & Tendik PAUD Non ASN Banggai Terima Honorarium

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri kegiatan penyerahan honorarium guru dan tenaga pendidikan PAUD non ASN se Kabupaten Banggai tahun 2023, Jumat (29/12/2023).

Kegitan tersebut diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai. Turut hadir Sekda Kabupaten Banggai, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai beserta jajarannya, Kabag Rokopim bersama staf, serta seluruh guru penerima honorarium pendidik/tendik PAUD se Kabupaten Banggai.

Penerimaan honorarium bagi para guru pendidik atau tenaga pendidik ini terhitung selama 5 bulan terakhir sejak bulan Agustus sampai dengan Desember tahun anggaran 2023. Jumat guru pendidik/tendik sebanyak 293 orang di seluruh Kabupaten Banggai.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo mengatakan bahwa tujuan pemberian honorarium guru PAUD non ASN adalah untuk meningkatkan motivasi, disiplin dan kinerja para guru dan tendik PAUD.

Memberikan kemaslahatan bagi guru dan tenaga kependidikan, untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan berdaya saing. Meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan.

Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru Paud adalah pendidikan dasar awal bagi anak. “Walaupun kegiatan anak-anak kita di sekolah hanyalah bermain tidak sampai baca tulis. Namun demikian banyak juga anak-anak PAUD yang telah bisa membaca dan menulis serta berhitung. Olehnya itu, kehadiran kita di sini adalah untuk memberikan apresiasi kepada para guru PAUD yang ada di Kabupaten Banggai,” ungkap Bupati Amirudin.

“Kehadiran kita disini adalah untuk penyerahan honorarium kepada bapak/ibu guru PAUD dan sebagai hadiah tahun baru,” katanya.

Telah banyak guru PPPK yang telah diusulkan Pemda Banggai baru-baru ini sebanyak kurang lebih 1.100 orang, tapi memang yang baru diprioritaskan adalah di sekolah-sekolah negeri. Nah, untuk yang swasta sudah ada alternatif begitu juga dengan yayasan.

“Melalui kesempatan ini, kami berharap bapak dan ibu guru dapat meningkatkan kedisiplinan serta dapat meningkatkan pengajaran kepada anak-anak,” harapnya.

Bupati juga menawarkan beasiswa bagi para guru PAUD yang lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Jika bapak ibu ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka bisa datang ke Pemda dan mengurus beasiswa lanjut kuliah. Dan Insya Allah nanti akan kami bantu,” kata Bupati Banggai.

Bupati Amirudin menilai bahwa status pendidikan mempengaruhi insentif honor bagi para guru. Bagi guru yang telah sarjana mempunyai insentif yang lebih tinggi dari pada para guru yang lulusan SMA.

Besaran yang diterima, guru kualifikasi S1 Rp5.075.000, guru kualifikasi D2/D3 Rp4.500.000, guru kualifikasi SMA Rp4.250.000, dan tenaga pendidik SMA, D2, D3, dan S1 sebesar Rp4.250.000.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh pemerintah daerah dapat bermanfaat dan menambah semangat. Doakan kita semua agar sehat-sehat, semoga tahun depan jumlahnya dapat bertambah dari tahun ini,” demikian harapan Bupati Banggai, Amirudin. (top/**)

Comments
Loading...