Korban Ledakan di Hari Peringatan Pembunuhan Eks Komandan Quds Bertambah Jadi 103 Orang

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Jumlah korban tewas meningkat menjadi 103 pada Rabu (3/1/2024), setelah dua ledakan di dekat makam mendiang mantan komandan Pasukan Quds, Qassem Soleimani, di Provinsi Kerman, bagian selatan Iran.

Media Iran sebelumnya melaporkan puluhan tewas akibat dua ledakan besar di dekat jalan menuju makam komandan Pasukan Quds Iran, Qassem Soleimani di Provinsi Kerman, Iran.

Kantor Berita Fars menyatakan bahwa ledakan tersebut telah menyebabkan setidaknya 73 tewas dan 150 orang terluka.

Stasiun televisi Iran mengatakan 50 orang tewas akibat ledakan di dekat jalan menuju makam komandan Pasukan Quds Iran, Qassem Soleimani di provinsi Kerman, Iran.

Kantor berita Reuters melaporkan dari televisi resmi Iran bahwa ledakan kedua terdengar di pemakaman kota Kerman, Iran, dan beberapa orang terluka.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kerman, Bidang Keamanan menyatakan bahwa ledakan tersebut terjadi sebagai “hasil dari aksi teroris” menurut IRNA, kantor berita Iran.

Iran merayakan hari ini sebagai hari peringatan ke empat pembunuhan Qassem Soleimani, mantan komandan Pasukan Quds Iran yang tewas dalam serangan udara Amerika pada awal tahun 2020 dekat Bandara Baghdad.

Qassem Soleimani

Qassem Soleimani lahir pada 11 Maret 1957 di Desa Rabour, Provinsi Kerman, Iran, dari keluarga petani. Dia bergabung dengan Garda Revolusi Iran awal 1980-an, berpartisipasi dalam perang Iran-Irak sebagai komandan Brigade “41 Tharallah”, dan kemudian naik pangkat menjadi salah satu dari sepuluh pemimpin militer Iran yang penting di divisi militer Iran yang beroperasi di perbatasan.

Soleimani bertugas sebagai Komandan Garda Revolusi di perbatasan Provinsi Kerman dengan Afganistan pada tahun 1990-an. Keahliannya dalam urusan militer membantu mengurangi penyelundupan narkoba.

 

Soleimani diangkat menjadi komandan Pasukan Quds dalam Garda Revolusi pada tahun 1998 menggantikan Ahmad Vahidi.

Ketika revolusi mahasiswa pecah di bawah pemerintahan Mohammad Khatami pada tahun 1999, Soleimani adalah salah satu dari 24 komandan Garda Revolusi yang menandatangani surat peringatan kepada Khatami bahwa Garda Revolusi akan menghadapi pergerakan mahasiswa jika pemerintah tidak menanggapi, dan akan melakukan kudeta terhadap presiden sendiri.

Soleimani adalah salah satu kandidat kuat untuk menggantikan Yahya Rahim Safavi dalam memimpin Garda Revolusi ketika Safavi mundur dari jabatan pada tahun 2007.

Pada tahun 2008, ia memimpin tim investigasi Iran dalam kasus pembunuhan Imad Mughniyah, komandan militer Hizbullah Lebanon, dan mediasi pada tahun yang sama untuk menghentikan pertempuran antara pasukan Irak dan tentara Al-Mahdi yang dipimpin Sayyid Muqtada al-Sadr di Irak.

Menurut sumber intelijen Amerika, Soleimani melatih militan Arab di Bosnia untuk dikirim melintasi perbatasan Iran-Afganistan pada tahun 1996 dan 1997, saat ketegangan antara Iran dan Taliban meningkat selama pemerintahan Taliban di Afghanistan.

Pada tahun 2011, pemimpin Revolusi, Ayatollah Ali Khamenei, mempromosikan Soleimani dari brigadir jenderal menjadi mayor jenderal dalam Garda Revolusi, dan Khamenei memberi gelar “Syahid yang Hidup” kepada Soleimani. (ans)

Comments
Loading...