Pemda Banggai-UGM Jalin Kerja Sama Kelola Sumber Daya Air

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, bersama Sekretaris Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M, menandatangani perjanjian lesepakatan bersama tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Acara ini berlangsung di Kampus UGM Yogyakarta, Kamis (28/3/2024).

Bupati Amirudin, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas sambutan hangat Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan berharap bahwa kesepakatan bersama yang ditandatangani memberikan dampak nyata terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai.

Kesepakatan bersama ini akan segera ditindaklanjuti melaui kajian identifikasi potensi sumber daya air masyarakat perkotaan dan kajian pengembangan kawasan geopark. Kabupaten Banggai memiliki potensi sumber daya air yang cukup besar, namun belum dipergunakan dengan baik, begitu juga dengan potensi geopark yang dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata dan edukasi yang berdampak terhadap peningkatan nilai ekonomi masyarakat.

Apalagi dengan memiliki potensi sumber daya air yang besar hingga mendapat julukan nama sebagai kota air, potensi tersebut sangat banyak ditemui dari dulu hingga sekarang. Sayangnya, tidak pernah diteliti dengan baik dan belum dipergunakan dengan baik, sehingga terkadang masyarakat masih saja mengalami kekurangan air.

“Dulu waktu awal saya menjabat sebagai bupati, setiap isi sambutan-sambutan saya selalu sampaikan Kabupaten Banggai sebagai kota air. Tapi sayangnya beberapa masyarakat mengeluhkan tidak punya air. Tetapi di akhir-akhir ini saya setelah melakukan perjalanan melihat kondisi hutan dan area perkotaan ternyata memang benar sesungguhnya sumber air cukup banyak, tapi perlu penelitian agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Banggai, khususnya daerah perkotaan,” ucap Bupati Banggai, di ruang Rektor UGM.

“Bukan hanya di daerah perkotaan, penelitian potensi sumber daya air ini akan kita lakukan juga pada tahun berikutnya di beberapa kecamatan,” ujar Bupati Amirudin.

Soal kondisi geopark disebutkan Bupati Amirudin, sebagai salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Banggai. Potensi geopark ini pernah dilakukan kerja sama dengan PT. Pertamina dan beberapa perusahaan swasta lain, dan mereka bersedia menyisihkan dana CSR-nya untuk pengembangan potensi geopark ini. Hal itulah yang kemudian melandasi Kabupaten Banggai bekerja sama dengan UGM untuk penelitian lebih lanjut soal potensi geopark ini.

“Semoga ini bisa berkelanjutan, sehingga mampu memenuhi apa yang menjadi keinginan Pemkab Banggai dan masyarakat secara keseluruhan. Ini akan kita kembangkan, sehingga menjadi ekonomi baru bagi masyarakat,” imbuh Bupati Amirudin.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Gadjah Mada yang diwakili Sekretaris Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Banggai atas keseriusannya dalam mengembangkan sektor pariwisata, sektor infrastruktur dan lingkungan hidup di Kabupaten Banggai.

“Memang telah banyak kajian-kajian seperti ini di UGM. Baik soal geopark dan kita juga memiliki ahli memanen air Prof. Agus Maryono, ini tentunya bisa dimanfaatkan agar airnya tidak menjadi banjir maka dipanen saja,” ungkap Sekretaris Sandi.

Sehubungan kerja sama saat ini berada di level universitas, ia berharap akan bisa ditindaklanjuti di tingkat fakultas, karena beberapa hasil penelitian di UGM ini dinilai applicable untuk dapat diterapkan di kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sekretaris Sandi menyebutkan, penelitian-penelitian yang UGM lakukan tidak hanya berbasis akademik, tetapi para peneliti, dosen, dan mahasiswa saat meneliti turun hingga ke daerah-daerah. Oleh karena itu, ia berharap kepada Kabupaten Banggai membuka kembali bagi mahasiswa-mahasiswa UGM yang akan melakukan KKN di sana.

“Kami sebenarnya ingin kembali ke sana, tetapi karena covid jadi ragu untuk mengirim mahasiswa KKN ke sana. Karena KKN ini merupakan inisiasi dari UGM  dan kemudian juga dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi lain, dan ini menjadi mata kuliah wajib di sini,” terangnya.

Gayung bersambut, Bupati Banggai langsung memerintahkan para kepala perangkat daerah yang turut hadir pada kesempatan tersebut untuk menindaklanjuti penelitian berbasis potensi daerah dengan fakultas sesuai yang disampaikan oleh Sekretaris Universitas

“Silakan teman-teman kepala dinas dan badan untuk menindaklanjuti, pertanian terkait pengembangan bibit unggul dan optimalisasi produksi, lingkungan hidup terkait dengan pengelolaan sampah, pendidikan terkait pengembangan beasiswa, PU terkait dengan infrastruktur dan jaringan, KISP terkait dengan pengembang smart city, BKPSDM terkait dengan pengembangan kompetensi ASN, RSUD terkait dengan manajemen RS dan kerja sama penempatan dokter, hingga pariwisata terkait dengan optimalisasi potensi dan pemasaran pariwisata,” tegas Bupati Amirudin.

Bupati Amirudin juga menyampaikan kepada Kepala BRIDA Kabupaten Banggai untuk segera menindaklanjuti program pengabdian masyarakat melalui KKN tematik Universitas Gadjah Mada di Kabupaten Banggai.

“Satu lagi, untuk BRIDA agar segera berkonsultasi dengan pihak rektorat terkait program KKN tematik, seperti yang telah disampaikan oleh Sekretaris Universitas Gadjah Mada, serta segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mementukan tema sesuai dengan potensi kita di Kabupaten Banggai,” intruksi Bupati Banggai ini.

Saat itu, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO diterima langsung oleh Sekretaris Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., yang didampingi Dekan Fakultas Geografi UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerja Sama Fakultas Teknik UGM, Ir. Ali Awaludin, S.T., M.Eng., Ph.D., IPU, ACPE, Sekretaris Direktorat Kemitraan dan Relasi Global UGM, Wiratni, S.T., M.T., Ph.D, Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Dalam Negeri UGM, Ir. Johan Mahathir Ahmad, S.T., M.Eng., Ph.D, IPM, Dosen Fakultas Teknik,  Dr. Eng. Ir. Didit Hadi Brianto, S.T., M.Si. IPM, Dosen Fakultas Geografi, Dr. Nurul Khakim, M.Si,  diruang Rapat Tamu Rektor, Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada Bulaksumur, Yogyakarta.

Kesepakatan bersama tentang pendidikan, peneliitian dan pengabdian kepada masyarakat antara Pemda Banggai dan UGM menjadi gerakan kolektif kolaboratif demi pembangunan berkelanjutan menuju Banggai Emas. (top)

Comments
Loading...