Wabup Banggai Dorong Digitalisasi Koperasi Manfaatkan Kemajuan Teknologi

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin mendorong pengelolaan koperasi berbasis digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dorongan itu disampaikan Wabup Furqanuddin saat membuka agenda pelatihan digitalisasi koperasi modern bagi pengurus/pengawas, pengelola koperasi Kabupaten Banggai, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM Banggai berlangsung di Hotel Santika, KelurahanTombang, Kecamatan Luwuk Selatan. Agenda itu bertema “Koperasi Go Digital”. Turut hadir Kadis Koperasi dan UKM, bersama jajarannya, pimpinan OPD, Kabag Prokopim Setda Banggai, narasumber, para peserta pelatihan dan tamu undangan lainnya.

Wabup Furqanuddin membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai menyebut bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini, membawa dampak yang sangat luar biasa ke berbagai sektor kehidupan, baik itu di sektor ekonomi, sosial, budaya, pemerintahan, politik dan lainnya, termasuk tumbuh kembangnya koperasi.

Era teknologi informasi ini sebut dia, harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi. Jika tidak bisa ,engambil peluang ini, dan tetap bertahan dengan koperasi konvensional, tentunya ke depan akan tertinggal jauh, dengan koperasi yang memanfaatkan digitalisasi.

“Artinya, modernisasi koperasi itu salah satunya ditandai dengan penggunaan platform digital serta terjadinya perubahan dari era kompetisi menuju era kolaborasi. Karena melalui kolaborasi yang memanfaatkan digitalisasi, koperasi yang selama ini hanya bergerak di wilayah lokal saja, ke depannya akan bisa maju dan mengembangkan wilayah pergerakannya ke tingkat nasional bahkan internasional,” ungkap Furqanuddin.

Kepada pengurus koperasi Wabup Banggai ini menekankan, agar terus mengembangkan diri dengan tata kelola, modernisasi serta digitalisasi, agar mampu meningkatkan kinerjanya. sehingga menjadi koperasi yang modern dan mendunia.

“Olehnya itu, selaku pemerintah daerah, kami sangat mendukung secara penuh kegiatan yang sangat positif seperti ini, sekaligus sangat mengharapkan agar kepada seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan kami harapkan agar seluruh anggota koperasi dan para pelaku usaha UMKM dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada, dengan memanfaatkan platform sosial media yang telah tersedia,” harapnya. (top/**)

Comments
Loading...