Anggaran Kecamatan Rp5 Miliar Prioritas Biayai Program Pemberdayaan

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pemda Banggai menyiapkan Rp5,2 miliar per kecamatan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024 ini. Terhadap anggaran itu, Bupati Banggai, Amirudin menekankan agar anggaran tersebut diprioritaskan pada sektor pemberdayaan.

Penekanan itu disampaikan Bupati Amirudin di agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahap II Kecamatan Bunta, Nuhon, dan Simpang Raya yang berlangsung di Kecamatan Bunta, Rabu (28/2/2024).

“Saya juga ingin menyampaikan kepada para kepala desa yang menggunakan ADD maupun Dana Desa dan kepada camat yang punya Rp5,2 miliar per kecamatan, tolong dana ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tegas Bupati Amirudin.

Dana tersebut tegas Amirudin, harus diprioritaskan pemberdayaan, padat karya. Terhadap program itu haruslah menyasar warga miskin dan pengangguran.

Terhadap anggaran kecamatan itu kata Amirudin, akan dievaluasi. Jika berhasil dalam pengelolaannya, maka Bupati Amirudin berjanji akan meningkatkan nominalnya menjadi Rp10 miliar.

“Dan Insya Allah ini akan kita evaluasi, kalau misalnya manfaatnya lebih banyak kita rencanakan bahwa tahun 2025 kita akan naikkan menjadi Rp10 miliar, agar lebih banyak dana yang bisa langsung dinikmati oleh masyarakat,” kata Amirudin.

Agenda musrenbang tahap dua ini mengusung tema ‘Peningkatan Kemandirian dan Daya Saing Daerah Menuju Kesejahteraan Masyarakat’.

Pelaksanaan musrenbang ini dimaksudkan untuk mendengarkan dan menyerahkan usulan prioritas hasil musrenbang tahap pertama di setiap kecamatan. Hasil musrenbang ini akan dituangkan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai tahun 2025. (top/**)

 

Comments
Loading...