Hamas Minta PBB Tekan Israel Patuhi Gencatan Senjata

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Gerakan Perlawanan Islam-Hamas menyambut baik persetujuan resolusi gencatan senjata hasil putusan sidang Dewan Keamanan PBB pada Senin (25/3/2024).

Namun, faksi bersenjata terbesar di Jalur Gaza itu menyerukan DK PBB untuk menekan penjajah zionis Israel agar mematuhi gencatan senjata. Seruan ini perlu ditekankan Hamas, karena Israel terbiasa mengingkari kesepakatan.

Gencatan senjata yang berlangsung hanya dalam beberapa hari di perang genosida ‘Badai Al-Aqsha’, beberapa bulan lalu saja, militer Israel masih tetap menembaki warga Jalur Gaza. Kebiasaan ingkar itu menjadi perhatian serius Hamas.

Selain menekankan hal itu, Hamas mendesak untuk menghentikan perang genosida serta pembersihan etnis terhadap rakyat Palestina. “Kami menyambut seruan DK PBB untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza,” ungkap pemimpin Hamas seperti dikutip dari Aljazeera, Senin (25/3/2024) sesaat setelah usai sidang Dewan Keamanan PBB.

Hamas menekankan perlunya mencapai gencata senjata permanen yang mengarah pada penarikan semua pasukan zionis dari Gaza dan kembalinya para pengungsi.

“Kami tegaskan kesiapan untuk segera terlibat dalam proses pertukaran tawanan yang mengarah pada pembebasan tawanan kedua belah pihak. Kami tekankan pentingnya kebebasan bergerak warga dan akses terhadap semua kebutuhan kemanusiaan di seluruh wilayah Jalur Gaza,” ungkap pemimpin Hamas.

Hamas menyampaikan perhargaannya terhadap saudara-saudara di Aljazair dan negara-negara di DK PBB yang berusaha menghentikan agresi militer zionis dan perang pemusnahan etnis Palestina. (top/**)

Comments
Loading...