Nakertrans Banggai Inisiasi Coffe Morning Peringati Hari Buruh

0

BANGGAI, OKENESIA.COM– Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei senantiasa diwarnai momen aksi demonstrasi dari kalangan buruh.

Namun peringatan May Day di Kabupaten Banggai kali ini tanpa aksi demonstrasi. Justru, peringatan hari mengenang perjuangan para buruh di Kabupaten Banggai diisi dengan coffe morning.
Agenda yang diinisiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai itu bertajuk ‘Kerja Bersama Wujudkan Kerja Buruh Yang Kompeten’ dalam rangka hari buruh internasional (may day) yang berlangsung di Graha Pemda Banggai, Rabu (1/5/2024).

Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi Banggai, Ernaini Mustatim dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa peringatan hari buruh momen mengenang para buruh sekaligus solidaritas pekerja, pengusaha, pemerintah.
Agenda sederhana itu diharapkan mampu membangun sinergi, hubungan kerja dengan para pemangku kepentingan menghasilkan hal hal positif.
Peringatan hari buruh kali ini, dialog interaktif yang menghadirkan berbagai narasumber.
Peringatan May Day diakui Ernaini, belum terlalu familiar, baik di kalangan pemerintah, perusahaan maupun di kalangan buruh itu sendiri.
Coffe morning yang dihadiri Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili mewakili Bupati Amirudin itu dilakukan penyerahan asuransi tenaga kerja terhadap dua buruh dari BPJS Ketenagakerjaan yang ditanggung APBD Banggai.

Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin dalam sambutan tertulis Bupati Amirudin menitikberatkan pada upaya peningkatan keterampilan, pendidikan vokasional melalui program prakerja yang dilaksanakan balai latihan kerja.

Pemerintah sebut dia, berusaha mengundang investor menanamkan investasinya di daerah untuk mengelola khazanah kekayaan alam. Dengan begitu, akan menyerap tenaga kerja yang cukup besar.
Dengan serapan tenaga kerja itu mampu mengurangi pengangguran. Sementara dalam konteks pembangunan daerah untuk menunjang kemajuan di masa mendatang.

Pemda Banggai ungkap dia, yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah pengembangan profesional pekerja dalam bingkai semangat patriotisme dan nasionalisme.
Momen itu, Ketua Serikat Buruh Nusantara Luwuk, Alfian diberikan kesempatan menyampaikan harapannya.
Alfian menaruh harap, agar Pemda Banggai dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai untuk memfasilitasi komunikasi dengan pihak pengusaha atau perusahaan untuk menaikkan upah buruh yang layak. (top)

Comments
Loading...