TPHP Banggai Gandeng PT PAU & JOB Tomori Intervensi Program SJSP

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Keterlibatan perusahaan menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai upaya membantu akselerasi program pembangunan Pemda Banggai, patut diapresiasi.

Pemda Banggai telah membangun memorandum of understanding (MoU) dengan beberapa perusahaan ‘raksasa’ yang mengelola sumber kekayaan bumi untuk menggelontorkan dana CSR.

Yakni, PT Panca Amara Utama dan Joint Operating Body Pertamina-Medco E & P Tomori Sulawesi (JOB Tomori).

Dua perusahaan itu, telah menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas TPHP Banggai. Tak hanya dengan Dinas TPHP, dua perusahaan itu juga telah menjalin kesepakatan PKS dengan instansi lainnya.

“Alhamdulillah, Dinas TPHP bekerjasama melalui PKS dengan PT PAU dan JOB Tomori Sulawesi,” ungkap Kepala Bidang Hortikultura, Dinas TPHP Banggai, Choirul Ashari Mambuhu kepada pewarta di ruang kerjanya, Rabu (29/5/2024).

Choirul menginformasikan bahwa instansi yang dipimpin Subhan Lanusi itu bekerjasama dengan PT PAU dan JOB Tomori itu setelah menjelaskan beragam program yang melekat di bidangnya, yakni bidang hortikultura.

Dalam uraian itu, Bidang Hortikultura telah melaksanakan program Satu Juta Satu Pekarangan (SJSP) yang menyasar kelompok kampung sayur dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT).

Di program SJSP itu, PT PAU dan JOB Tomori berkonstribusi dalam bentuk intervensi dana CSR. Bentuk CSR perusahaan adalah, memberikan bantuan kepada kelompok tani.

“Sistemnya, kami hanya menawarkan kelompok (kampung sayur) kepada pihak perusahaan. Nah, perusahaan itu yang akan memberikan bantuan kepada kelompok tani dalam rangka pemanfaatan pekarangan,” tutur Choirul.

Antara dua perusahaan itu berbeda bentuk penyaluran bantuannya. Ada yang langsung memberikan bantuan berbentuk barang dan ada pula yang menyalurkan bantuan dalam bentuk dana.

Dana itu dikirim ke rekening kelompok tani. Setelah itu, kelompok tani yang membelanjakannya. Anggaran yang dikirimkan ke rekening kelompok tani itu, berdasarkan data Rencana Anggaran Biaya atau RAB. (top)

Comments
Loading...