Bupati Banggai Diagendakan Serahkan Alsintan Kepada Poktan

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin diagendakan akan menyerahkan secara simbolis alat dan mesin pertanian (alsintan) berbagai jenis kepada kelompok tani. Semisal, hand traktor R2 (roda dua), eksavator mini, jonder roda empat, serta kultivator.

Meskipun belum diketahui kapan jadwal pastinya itu, namun saat ini Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Banggai, sedang mengupayakan berkomunikasi dengan Bupati Banggai. “Kami upayakan agenda penyerahan simbolis alsintan itu oleh Pak Bupati,” tutur Kepala Bidang Prasana, Sarana dan Penyuluhan, Dinas TPHP Banggai, Fadli Salawali kepada pewarta di ruang kerjanya, Rabu (29/5/2024).

Untuk tahap awal, Dinas TPHP Banggai telah menyalurkan beragam jenis alsintan. Hand traktor roda dua misalnya, triwulan kedua ini telah mendistribusikan 80 unit. Sementara selanjutnya, akan kembali disalurkan 56 unit hand traktor roda dua.

Lima puluh enam unit hand traktor itu sebut Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Dinas TPHP Banggai, Fadli Salawali, dalam waktu dekat akan dibagikan kepada kelompok tani yang tersebar di berbagai kecamatan di daerah ini.

“Empat kontener lagi, ada 56 unit lagi. Saya sudah telepon pihak penyedia bahwa hand traktor itu sudah ada di pelabuhan,” ungkap Fadli.

Tanggung jawab penyedia mendatangkan hand traktor itu di Dinas TPHP Banggai. Selanjutnya, pihak penyedia pula yang merakit alsintan sebelum didistribusikan ke kelompok tani. “Untuk agenda pendistribusian alsintan, kami akan meminta Pak Bupati untuk menyerahkan secara simbolis. Insya Allah, waktunya tepat, agar Pak Bupati langsung yang menyerahkan. Kami agendakan di kantor ini (Dinas TPHP Banggai),” ujar Fadli.

Jika ditotal alsintan jenis hand traktor yang telah disalurkan 80 unit dan menunggu pendistribusian 56 unit, maka berjumlah 136 unit.

Sementara kelompok tani yang menjadi sasaran target penerima manfaat berjumlah 153 poktan. Kelompok tani ini sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian atau Simluhtan.

Delapan puluh unit hand traktor yang telah didistribusikan itu menyasar poktan di Kecamatan Toili Barat, Moilong, Batui Selatan, Batui, Bualemo, Masama, Balantak Utara, Balantak, Mantoh, Lamala, Masama, Luwuk Timur, Bunta serta Kecamatan Simpang Raya.

Per kelompok mendapatkan 1 unit hand traktor. Setiap poktan, terdapat 20 hingga 25 petani yang menjadi anggotanya. Ada pula kelompok kerja yang namanya unit pengelola alsintan.

Bantuan hand traktor yang sifatnya hibah itu diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi anggota kelompok tani. (top)

Comments
Loading...