Brigade Al-Qassam Perkenalkan Senjata Baru Rudal ‘Panah Merah’

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam-Hamas mengungkapkan penggunaan peluru kendali baru yang disebut “panah merah” untuk pertama kalinya, selama pertempuran dengan tentara pendudukan Israel di kota Rafah. Demikian informasi seperti disadur dari saluran berita Ultra Palestine, Rabu (26/6/2024).

Pada hari Senin, 24 Juni, Brigade Al-Qassam menerbitkan sebuah klip video, yang dikatakan sebagai berikut: “menargetkan kendaraan rekayasa OFK dengan rudal berpemandu Panah Merah,” mengacu pada “menargetkan pasukan penyelamat dengan sistem rudal “Rajum” , sebelah barat kawasan Tal Zorob di kota Rafah.

Dengan demikian, rudal anti-tank “Panah Merah” bergabung dengan serangkaian senjata baru yang pertama kali diumumkan oleh Brigade Al-Qassam untuk digunakan dalam agresi Israel di Jalur Gaza, yaitu sistem rudal “Rajum”, “Metabar sistem pertahanan udara, dan rudal “Al-Yassin 105”. Torpedo “Al-Asif”, perangkat “Aksi Gerilya”, drone “Zouari”, dan yang sebelumnya semuanya merupakan sistem buatan lokal, kecuali sistem pertahanan udara.

Brigade Al-Qassam mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin bahwa mereka menghancurkan “kendaraan rekayasa Zionis jenis ‘Ovek Carpet’ dengan peluru kendali di sebelah barat daerah Tal Zorob di kota Rafah, selatan Jalur Gaza.

Dia menambahkan dalam laporan lain: “Segera setelah kedatangan pasukan penyelamat setelah penghancuran kendaraan rekayasa “Ovek Carpet” di Tal Zoroub di kota Rafah, pasukan tersebut menjadi sasaran beberapa rudal.

Dalam klip video yang dipublikasikan Brigade Al-Qassam, tampak peluncur rudal “Panah Merah” membawa kertas yang bertuliskan: “Senjata melawan baju besi – Kompi Al-Murajah – Brigade Rafah.”

Apa itu rudal panah merah?

Menurut sumber, rudal Red Arrow yang dikenal dengan nama “HJ-8” merupakan rudal buatan China yang pertama kali digunakan oleh Brigade Al-Qassam.

Ini adalah rudal anti-tank berpemandu kawat yang diluncurkan melalui tabung, dilacak secara optik, dan digunakan oleh militer Tiongkok pada akhir tahun 1980-an.

Red Arrow atau “HJ-8” adalah model rudal anti-tank domestik pertama Tiongkok, dan dipersenjatai dengan hulu ledak anti-tank HEAT. Ini adalah kombinasi yang diyakini banyak ahli berasal dari tiga sistem rudal anti-tank barat yang diperoleh dari negara-negara di Timur Tengah dan Asia, yang kemudian diperiksa, direkayasa ulang, dan dimodifikasi.

Tripod tersebut berasal dari Amerika Serikat dan berasal dari masa lalu sistem TOW BGM-71 “; Unit kontrol pelacakan dari rudal Milan Perancis/Jerman; Rudal tersebut berasal dari Inggris dan bermodel “Swingfire”.

Menurut data publik, rudal Red Arrow memiliki jangkauan hingga 4.000 meter, dan juga dapat mengatasi lapisan pelindung reaktif eksplosif (ERA). Ia juga dapat menembus armor 800-1100 mm. Kadang juga digunakan untuk menembak jatuh helikopter.

Penggunaan rudal Red Arrow dipantau di Bosnia terhadap tentara Serbia. Di Sri Lanka, senjata ini digunakan untuk melawan Macan Tamil. Di Suriah, senjata ini digunakan oleh Tentara Pembebasan Suriah melawan pasukan rezim Suriah, dan berhasil menghancurkan tank T-72.

Itu juga digunakan oleh unit Peshmerga di Irak melawan ISIS. Di Pakistan, itu digunakan oleh Taliban Pakistan. (top/ultrapalestine)

Comments
Loading...