Bupati Banggai Warning OPD Optimalkan Penerimaan PAD

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Banggai khususnya instansi pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD), untuk mengoptimalkan sumber-sumber PAD. Penekanan itu disampaikan Bupati Amirudin di sidang paripurna DPRD Banggai tentang penetapan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2025, Jumat (19/7/2024).

“Sebagaimana kita ketahui bersama sumber-sumber penerimaan daerah pada saat ini antara lain penyesuaian dengan kebijakan pemerintah melalui kebijakan dana transfer pusat ke daerah dalam rangkamendukung pelaksanan otonomi daerah yang jumlahnya bersifat dinamis,” ungkap Bupati Amirudiin.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Amirudin menekankan, untuk mengoptimalkan sumber-sumber PDA perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah. “Kita tetap optimis dan berharap agar seluruh proyeksi target penerimaan daerah yang telah ditentukan dapat direalisasikan sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkapnya.

Dengan mencermati prioitas dan plafon anggaran sementara kata Amirudin, diharapkan pengalokasian anggaran belanja dalam upaya peningkatan pencapaian pembangunan tahun anggaran 2025 lebih baik lagi dan disesuiakan dengan urusan bidang kewenangan serta tugas dan fungsi perangkat daerah yang melaksanakan program dan kegiatan yang memiliki korelasi dalam pencaoaian prioritas dan sasaran pembangunan provinsi dan nasional, serta pencapaian indikator makro yang ditargetkan oleh Kabupaten Banggai.

Di kesempatan itu, Bupati Amirudin mengakui bahwa pada penetapan rancangan KUA PPAS tahun anggaran 2025, Tim Anggaran Pemerintah Daerah belum menerima informasi alokasi transfer ke daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Presiden tentang rincian APBN 2025.

“Sebagai pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan prioritas tersebut, tentu harus didukung pendanaannya melalui APBD Kabupaten Banggai tahun anggaran 2025, baik dari sisi pendapatan, belanja dan pembiayaan,” ungkapnya.

Agenda yang dipandu Ketua DPRD Banggai, Suprapto didampingi Wakil Ketua I, Batia Sisilia Hadjar itu dihadiri Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin. (top)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!