Kelurahan Jole Inisiasi Sosialisasi UMKM

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pemerintah Kelurahan Jole, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai menginisiasi gelaran sosialisasi UMKM bertajuk “Peran UMKM Dalam Peningkatan Ekonomi keluarga”. Agenda itu berlangsung di Kantor Kelurahan Jole, Rabu (24/7/2024).

Sosialisasi ini mendapat respon positif. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengusaha UMKM hadir di agenda itu. Para pelaku usaha yang menjadi peserta memahami pentingnya UMKM dalam hal peningkatan ekonomi keluarga.

Lurah Jole, Sudarmin Lagandja, SH usai sosialisasi menyatakan menyambut baik program inovasi daerah melalui kegiatan sosialisasi UMKM. “Besar harapan saya, lewat sosialisasi ini dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banggai terkhusus pada wilayah Kelurahan Jole,” kata Sudarmin.

Sosialisasi serupa sebut Sudarmin akan kembali digelar. Untuk sosialisasi berikutnya, Lurah Sudarmin memastikan akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk menghadirkan petugas tenaga pendamping UMKM yang bekerjasama dengan OPD yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai. Dengan demikian, memudahkan masyarakat pelaku usaha yang belum memiliki sertifikat PIRT dan sertifikasi halal agar bisa langsung difasilitasi.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Koprasi dan UKM Banggai yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, Yusriani A. Jangoh, SS,MM sebagai narasumber, Kasi Pembangunan Kecamatan Luwuk Selatan, Lurah Jole Sudarmin Lagandja, SH, Sekretaris Lurah Kelurahan Jole, Irandi Oneng, S.I.Kom, Bhabinkamtibmas Kulurahan Jole, Ipda Jeff Satolom, SH, mahasiswa KKL Fisip Untika Kelurahan Jole dan masyarakat pelaku UMKM Kelurahan Jole.

UMKM salah satu pilar perekonomian Indonesia, memiliki peran signifikan yaitu membuka lapangan kerja, mendukung perekonomian nasional dan lokal, meningkatkan daya saing, dan menjawab kebutuhan masyarakat lokal.

Pada sosialisasi ini, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koprasi ibu Yusriani A. Jangoh, SS,MM memberikan gambaran umum mengenai UMKM, seperti pentingnya platform digital dalam pemasaran online produk UMKM, pentingnya ijin PIRT dan sertifikasi halal dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan UMKM bagi pelaku usaha di wilayah Kelurahan Jole. (top/*)

 

Comments
Loading...