Pemda Bangkep Terkesan Cuek, Jembatan Kalumbatan Tak Tersentuh Pembangunan

0

BANGKEP, OKENESIA.COM- Instansi teknis Pemda Banggai Kepulauan (Bangkep) terkesan cuek dengan kondisi kerusakan jembatan di pemukiman Dusun 10, Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan.
Padahal, kondisi kerusakan telah berlangsung lama dan tidak sedikit warga yang jatuh bahkan ada yang mengalami luka robek. Demikian penuturan warga dusun setempat kepada wartawan ini pada Kamis (12/9/2024) sore ketika mengabadikan gambar kerusakan jembatan tersebut.

Warga menyebut jembatan dengan panjang sekira lebih dari 100 meter itu dibangun sekitar tahun 2015 dan didanai dua sumber anggaran, baik APBD maupun Dana Desa (DD) desa setempat.
Awalnya pembangunan tersebut oleh instansi teknis, selanjutnya menggunakan dana desa.

“Sebagian dana dibangun menggunakan APBD dan sebagainnya lagi dana desa, hanya saja kerusakannya sampai sekarang tidak pernah diperbaiki,” kata warga.

Kerusakan jembatan bahkan telah banyak warga yang tercebur ke laut. Bahkan seorang perempuan paruh baya harus menjalani perawatan medis di PKM Puskesmas tersekat akibat terjatuh dan mengalami luka robek di kepala.
“Terakhir ada ibu paruh baya jatuh sampai bagian kepala lukanya alami luka robek,” kata pria yang mengenakan kaos berwarna merah.

Sementara warga lainnya menyebut, kerusakan jembatan ini tidak sedikit orang yang telah datang untuk meninjau bahkan mengabadikan gambar kerusakan.

Usai mengabadikan kerusakan jembatan mereka juga sempat dijanjikan akan segera perbaiki. Sudah berapa kali datang difoto, dijanji pemerintah mau diperbaiki, tapi sampai sekarang tidak ada perbaikan.

“Torang (kami) sudah pastiu (bosan -red) dijanji,” ungkap warga lainnya.

Kata dia, dari anggota dewan juga beberapa kali menjanji akan memperbaiki jambatan ini. Awal tahun juga telah ada pengukuran tapi sampai sekarang belum juga ada perbaikan (top/*)

Comments
Loading...