Simulasi ANBK Mulai Digelar

0
BANGGAI, OKENESIA.COM- Sejumlah sekolah di tingkat dasar (SD) atau madrasah ibtidaiyah (MI) di kota Luwuk mulai melakukan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kepada para peserta didiknya di kelas 5. Simulasi ANBK untuk jenjang SD/MI ini sudah berlangsung sejak Senin, 23 September 2024. Sementara untuk pelaksanaan ANBK yang berlangsung bulan depan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis jadwal yang nantinya bakal diikuti serentak oleh SD/MI secara nasional.
Pelaksanaan simulasi ANBK ini bisa dilakukan mandiri di sekolah, khususnya bagi sekolah yang telah dilengkapi fasilitas berupa laptop Chromebook bantuan pemerintah disertai dengan akses internet yang memadai.
“Simulasi ini dilakukan kepada seluruh kelas 5, dan berlangsung dalam dua sesi, tiap sesinya akan diikuti 15 orang,” papar Anggolong Niom, guru yang bertugas sebagai pengawas dalam simulasi ANBK di SD Inpres 8 Bertingkat Luwuk.
Menurutnya, dalam simulasi ANBK tersebut, para peserta didik tidak hanya dijaga oleh pengawas, melainkan juga didampingi teknisi dan proktor dari sekolah masing-masing. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk membuat peserta didik paham ketika nanti mengikuti ANBK yang dijadwalkan bulan Oktober 2024.
Sebagai informasi, ANBK adalah pengganti Ujian Nasional (UN) yang resmi dihapus per Februari 2021. Mengutip laman Kemendikbud Ristek, berbeda dengan UN yang fokus pada nilai akhir, ANBK justru lebih menekankan pada evaluasi input, proses, dan output pembelajaran. ANBK bertujuan meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh, dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat demi memperbaiki kualitas belajar mengajar serta hasil belajar murid. Penilaian ini dilakukan berdasarkan kemampuan dasar murid seperti literasi, numerasi, dan karakter.
Sementara itu, pada Sabtu, 28 September 2024 ini pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Banggai tengah melakukan zoom meeting terkait sosialiasi persiapan gladi bersih ANBK. Gladi bersih ANBK itu sendiri akan dilakukan dalam waktu dekat pasca pelaksanaan simulasi ANBK yang telah berlangsung awal pekan lalu. (zul)
Comments
Loading...
error: Content is protected !!