Ribuan Umat Muslim Banggai Pawai Tarhib Sambut 1 Muharram 1445 Hijriyah

0

LUWUK, OKENESIA.COM – Kaum muslimin di berbagai tempat di Kabupaten Banggai mengikuti pelaksanaan pawai tarhib menyambut tahun baru Islam 1 Muharaam 1445 Hijriyah bertepatan dengan hari Rabu tanggal 19 Juli 2023.

Di Kota Luwuk, umat muslim yang mengikuti pawai tarhib atau pawai penyambutan. Mereka mulai berjalan kaki dari depan pelataran mimbar MTQ yang berhadapan dengan Masjid Agung Annur Luwuk di Teluk Lalong. Para peserta ini menyusuri ruas jalan utama di Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai.

Baca juga: Pemda-PHBI Banggai Pawai Tarhib Sambut Tahun Baru Hijriyah

Pawai tarhib kali ini dilepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono. Saat melepas peserta pawai tarhib, Raden menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyah.

Para peserta berasal dari majelis taklim, organisasi keagamaan Islam, remaja masjid, lembaga pendidikan hingga organisasi perangkat daerah.

Ketua Panitia Hari Bersar Islam (PHBI) Banggai, Alfian Djibran menjelaskan bahwa agenda pawai tarhib 1 Muharram adalah bagian dari bentuk komitmen kaum muslimin dalam menjaga toleransi dan mendukungan program pembangunan.

Umat Muslim Kecamatan Kintom memadati pelataran Masjid Nurul Yaqin, Kintom bersiap mengikuti pawai tarhib menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyah. FOTO: DOK. PRIBADI

 

Pawai tarhib peringatan 1 Muharam 1445 H kali ini bertema “Hijrah Menuju Pribadi Taqwa dan Beriman”.

Start di pelataran Masjid Agung Annur Luwuk di Teluk Lalong, lalu menuju tugu Adipura, Rujab Bupati Banggai, Kantor BPJS Banggai, Unismuh Luwuk, Masjid Muttahidah, lalu kembali di Masjid Agung Annur.

Baca juga: Pencarian Nelayan Hilang Masih Nihil

Di Kecamatan Kintom, sedari pagi ribuan umat Muslim dari berbagai desa berkumpul di Masjid Nurul Yaqin, Kelurahan Kintom yang menjadi start awal. Cukup banyak peserta mengikuti pawai tarhib ini, karena sebelumnya telah diumumkan oleh takmir masjid, agar mengikuti kegiatan itu.

Camat Kintom, Amrizal Latif didampingi Kapolsek Kintom, Laata dan para pemuka agama melepas secara resmi pawai tarhib. Dari Masjid Nurul Yaqin Kintom lalu menyusuri jalan utama dan berakhir di Desa Dimpalon, Kecamatan Kintom.

Selain mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah kepada seluruh kaum muslimin, Amrizal menyebut bahwa kegiatan serupa, yakni pawai tarhib akan kembali dilaksanakan pada tahun depan.
Pawai tarhib atau pawai perayaan selamat datang; penyambutan biasanya dilaksanakan menyambut Bulan Ramadhan dan pergantian tahun baru Islam 1 Muharram.

Warga Kelurahan Mendono, Ses Tun Suling salah satu peserta pawai dari Majelis Taklim Arridha Mendono berharap, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah ini menjadi momen yang tepat bagi Umat Muslim untuk merenungkan diri.

Baca juga: Polres Banggai Siap Kawal Distribusi Pupuk Subsidi

Petugas medis di Puskesmas Kintom ini mengaku, momen tahun baru Hijriyah untuk merenungkan tentang apa yang sudah dilakukan selama setahun terakhir dan bagaimana konsistensi beribadah, hal buruk yang masih dilakukan dan pikiran refleksi lainnya. (top)

Comments
Loading...