Bupati Banggai Ajak Partisipasi Semua Pihak Wujudkan Program Pemerintah

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin berharap dukungan dan partisipasi membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan seluruh program-program atau kegiatan dalam rangka membangun daerah Kabupaten Banggai.

Ajakan itu disampaikan Sekkab Abdullah Ali atas nama Bupati Banggai pada rapat paripurna DPRD Banggai, penyampaian laporan panitia khusus (pansus) atas pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD Banggai tahun anggaran 2023, Jumat (6/10/2023).
Bupati Banggai juga menyampaikan bahwa arah kebijakan keuangan daerah merupakan upaya strategis dalam rangka mengoptimalkan potensi keuangan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, yang dioperasikan di dalam APBD.
Arah kebijakan keuangan daerah juga bertujuan agar seluruh sumber-sumber keuangan yang dimiliki dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembangunan daerah terutama untuk menjamin terpenuhi hak-hak pelayanan dasar masyarakat, yang antara lain, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan yang berkualitas serta kebutuhan dasar lainnya.
Dengan lahirnya Raperda tentang Perubahan APBD ini, maka tahapan selanjutnya yang harus segera dilakukan adalah menyampaikan Raperda tersebut ke Gubernur Sulteng.
Nah, setelah hasil evaluasi terhadap Raperda ini, segera dilakukan penyempurnaan untuk diputuskan melalui keputusan pimpinan dewan, sehingga dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah tentang perubahan APBD dan peraturan kepala daerah tentang penjabaran perubahan APBD sesuai hasil evaluasi Pemprov Sulteng.
Bupati Banggai, Amirudin menginstruksikan seluruh kepala perangkat daerah untuk segera menyusun Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) SKPD dan DPPA PPKD untuk menjadi dasar pelaksanaan anggaran.
Penyusunan DPPA itu menjadi dasar pelaksanaan anggaran, agar supaya program dan kegiatan dapat segera direalisasikan.
DPPA disusun setelah Raperda Perubahan APBD dievaluasi di Pemprov Sulteng dan ditindaklanjuti dengan perbaikan evaluasi (top)

Comments
Loading...