Momen Hari Gizi Nasional, Bupati Banggai Serahkan Bantuan CSR BRI

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M, secara simbolis menyerahkan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Cabang Luwuk. Agenda berlangsung di Puskesmas Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Senin (22/1/2024).

Bantuan tersebut berupa paket makanan untuk bayi selama tiga bulan. Ada pula antropometri Kit. Antropometri kit merupakan paket alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Antropometri Kit juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Bupati Banggai, Amirudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada BRI yang telah berpartisipasi untuk terlibat dalan mendukung program Pemda Banggai, yaitu, pemberian bantuan CSR sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Gizi Nasional Tahun 2024 dalam bentuk program “Cegah Stunting Itu Penting”.

Bupati Amirudin menyampaikan bahwa saat ini, banyak program pemerintah yang intinya menurunkan angka stunting di Kabupaten Banggai. Hal ini perlu diperhatikan, karena Pemerintah Indonesia berharap bahwa di tahun 2045 nanti, terwujud generasi emas.

Diharapkan, anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan cerdas sesuai dengan umur. Program ini menurut Bupati Amirudin, dilaksanakan pemerintah daerah, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Sokongan anggaran itu diperuntukkan bagi anak-anak yang kekurangan gizi.

“Anak-anak kita perlu diperhatikan, karena memang mereka-mereka ini yang menjadi pelanjut nanti generasi ke depan.Mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya, sehingga semuanya dapat terpenuhi. Walaupun kita ketahui bahwa penyebab stunting itu bukan hanya diakibatkan oleh kekurangan gizi, tapi banyak hal-hal lain yang menyebabkannya, termasuk kesehatan lingkungan dan lain-lain,” ungkapnya.

“Termasuk para ibu-ibu, agar tetap cantik, dia jarang menyusui anaknya. Padahal ASI itu adalah kebutuhan utama. Dengan adanya Hari Gizi Nasional yang akan kita peringati nanti, kita berharap semua orang tua ini, betul-betul memperhatikan gizi anak-anaknya,” harap Bupati Amirudin.

Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai dr. I Wayan Suartika, M.E. dalam sambutan singkatnya menyatakan atas nama Dinas Kesehatan mengucapkan terima-kasih kepada BRI Cabang Luwuk. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini, dapat menurunkan angka stunting, khususnya wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Simpong, salah-satu puskesmas yang meraih akreditasi paripurna,” ucap Wayan.

Wayan Suartika menyebut bahwa akreditasi ini menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan faskes tingkat pertama. Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi. Predikat ini menurutnya, diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di faskes tingkat pertama.

Sementara itu, Consumer Banking Manager BRI Cabang Luwuk, Jacqueline C. Wuysang menyebut bahwa upaya yang dilakukan BRI dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

Turut hadir pada kegiatan ini adalah, Kabag Prokopim Setda Kabupaten Banggai, Camat Luwuk Selatan, Kepala Puskesmas Simpong dan jajarannya dan para orang-tua anak yang mendapatkan pelayanan bantuan serta para pemerhati kesehatan lainnya. (top/**)

Comments
Loading...