Musrenbang Tahap I, Bappeda Banggai Tampung 4.384 Usulan Program

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) RKPD Tahap I dan Rembuk Stunting yang dilaksanakan di 24 kecamatan di Kabupaten Banggai hampir rampung.

Hingga hari ke tiga pekan ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banggai telah melaksanakan Musrenbang Tahap I di 18 kecamatan. Bappeda mencatat, terdapat 4.384 usulan program.

“Berdasarkan usulan musrenbang kecamatan yang telah terinput pada aplikasi SIPD-RI (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah), jumlah usulan aspirasi masyarakat yang dibahas perangkat daerah pada musrenbang kecamatan sebanyak 4.384 yang tersebar di 24 kecamatan,” kata Ketua Tim Musrenbang Tahap I Bappeda, Syahbudin Dayanun pada Musrenbang Tahap I di Balai Desa Cemerlang, Kecamatan Masama, Rabu (31/1/2024).

Musrenbang kecamatan (Tahap I) di laksanakan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai tahun 2025.

Syahbudin menerangkan, Musrenbang Tahap I dan Rembuk Stunting bertujuan untuk menyelaraskan, mempertajam, dan mengklarifikasi kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang selanjutnya menghasilkan daftar kegiatan prioritas skala kecamatan.

“Musrenbang Tahap I ini membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang merupakan bahan masukan bagi perangkat daerah (OPD) untuk menyempurnakan rencana kerja perangkat daerah masing-masing,” terangnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan desk atau pembahasan usulan prioritas yang melibatkan delegasi kecamatan, perangkat daerah, dan Bappeda. Usulan program tersebut dibagi dalam empat kelompok, yaitu bidang sosial budaya, ekonomi, infrastruktur, dan bidang pembangunan manusia dan masyarakat.

Bappeda menjadwalkan, Musrenbang Tahap II akan dilaksanakan pada pekan ketiga Februari 2024.

Terkait Rembuk Stunting, pihak terkait diharapkan dapat merencanakan dan mengidentifikasi usulan kegiatan pencegahan stunting secara efektif dalam rangka peningkatan ketersediaan pangan yang beragam, bergizi dan seimbang, terutama di desa rawan pangan, serta kelompok masyarakat berpendapatan rendah dan desa/kelurahan lokasi fokus prioritas intervensi terintegrasi program penanganan stunting Kabupaten Banggai tahun 2024.

Musrenbang Tahap I juga melibatkan anggota DPRD Banggai yang menyampaikan pokok-pokok pikiran setelah menyerap aspirasi masyarakat melalui reses.

Enam kecamatan tersisa yang akan melaksanakan Musrenbang Tahap I pada Kamis (1/2/2024), yakni Kecamatan Batui, Batui Selatan, Moilong, Toili, Toili Barat, dan Toili Jaya. (top/**)

Comments
Loading...