Ini 3 Usulan Kerangka Perdamaian Tawaran Hamas

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Negosiator perdamaian dari sejumlah negara terus berupaya berjuang agar perdamaian di tanah Palestina, segera terwujud.

Pertemuan negosiator untuk membangun kesepakatan gencatan senjata yang berlangsung di Paris, belum lama ini hampir menemui titik terang.

Kesepakatan gencatan senjata antara Pendudukan Israel dengan Gerakan Perlawanan Islam-Hamas tentu disandarkan atas berbagai hal.

Berikut tanggapan resmi Hamas terhadap tawaran kesepakatan yang disampaikan setelah pertemuan di Paris yang diterima Okenesia.com, Rabu (7/2/2024) sore.

Hamas mengawalinya dengan menegaskan bahwa perjanjian itu bertujuan untuk menghentikan operasi militer timbal balik antara para pihak. Mencapai ketenangan yang menyeluruh dan berkelanjutan.

Pertukaran tahanan antara ke dua pihak, mengakhiri pengepungan di Gaza, membangun kembali, memulangkan penduduk dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal ke rumah mereka, dan menyediakan kebutuhan tempat berlindung dan bantuan bagi semua pihak.

Ke semuanya itu, dilaksanakan dalam tiga tahapan.

Tahap pertama berlangsung dalam 45 hari. Tahap ini bertujuan, seruan kemanusiaan untuk pembebasan semua tahanan Israel, perempuan dan anak-anak (di bawah usia 19 tahun, bukan wajib militer), orang tua, dan orang sakit dengan imbalan, sejumlah tahanan Palestina.

Selain mengintensifkan bantuan kemanusiaan, reposisi pasukan di luar kawasan berpenduduk, dan memungkinkan dimulainya pekerjaan rekonstruksi rumah sakit, rumah, dan fasilitas lainnya di seluruh wilayah Jalur Gaza.

Mengizinkan PBB dan lembaga-lembaganya untuk memberikan layanan kemanusiaan dan mendirikan kamp-kamp penampungan bagi penduduk.

Penghentian sementara operasi militer, penghentian pengintaian udara, dan penempatan kembali pasukan Israel jauh di luar wilayah berpenduduk di seluruh Jalur Gaza, agar berada di sepanjang garis pemisah, untuk memungkinkan para pihak menyelesaikan pertukaran tahanan dan tahanan.

Ke dua pihak akan membebaskan tahanan Israel, termasuk perempuan dan anak-anak (di bawah usia 19 tahun, bukan wajib militer), orang lanjut usia, dan orang sakit, dengan imbalan sejumlah tahanan Palestina.

Asalkan, hal ini dilakukan dengan cara yang menjamin keamanan. Pembebasan pada tahap ini, semua orang yang namanya termasuk dalam daftar yang telah disepakati sebelumnya.

Mengintensifkan masuknya jumlah yang diperlukan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk (yang akan ditentukan) bantuan kemanusiaan, bahan bakar, dan sejenisnya, setiap hari, serta memungkinkan datangnya bantuan kemanusiaan dalam jumlah yang sesuai ke semua wilayah di Jalur Gaza.

Termasuk bagian utara Jalur Gaza, dan pemulangan para pengungsi ke tempat tinggal mereka di semua wilayah.

Berikutnya, membangun kembali rumah sakit di semua sektor, memperkenalkan apa yang diperlukan untuk mendirikan kamp/tenda penduduk untuk melindungi penduduk, dan melanjutkan semua layanan kemanusiaan yang diberikan kepada penduduk oleh PBB dan badan-badannya.

Memulai diskusi (tidak langsung) mengenai persyaratan yang diperlukan untuk memulihkan ketenangan sepenuhnya.

“Lampiran terlampir yang merinci rincian tahap pertama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian ini, dengan ketentuan rincian tahap ke dua dan ke tiga akan disepakati pada saat pelaksanaan tahap pertama,” demikian ungkap petinggi Hamas.

Tahap ke dua juga berlangsung dalam kurun waktu 45 hari. Tahapan ke dua meliputi, pembahasan (tidak langsung) mengenai persyaratan yang diperlukan untuk melanjutkan penghentian operasi militer bersama dan kembali ke keadaan tenang harus diselesaikan dan diumumkan sebelum pelaksanaan tahap ke dua.

Tahap ini bertujuan untuk membebaskan semua tahanan laki-laki (warga sipil dan wajib militer), dengan imbalan sejumlah tahanan Palestina.

Kelanjutan tindakan kemanusiaan tahap pertama, penarikan pasukan Israel di luar perbatasan seluruh wilayah Jalur Gaza, dan dimulainya pekerjaan rekonstruksi menyeluruh untuk rumah, fasilitas dan infrastruktur yang dihancurkan di seluruh wilayah Jalur Gaza, sesuai dengan mekanisme khusus yang menjamin pelaksanaan hal ini dan berakhirnya pengepungan di Jalur Gaza, sesuai dengan apa yang akan diputuskan.

Berikutnya tahap ke tiga. Juga berlangsung selama 45 hari.

Tahapan ini bertujuan untuk pertukaran jenazah ke dua belah pihak setelah tiba dan mengidentifikasi mereka, serta melanjutkan tindakan kemanusiaan tahap pertama dan ke dua. Sesuai dengan apa yang akan disepakati pada tahap pertama dan ke dua.

Hamas juga menyajikan lampiran perjanjian kerangka kerja: Rincian tahap pertama: penghentian total operasi militer di kedua belah pihak, dan penghentian segala bentuk aktivitas udara.

Termasuk pengintaian, selama fase ini. Memposisikan ulang pasukan Israel jauh di luar pemukiman penduduk di seluruh Jalur Gaza, menjadi di sepanjang garis pemisah ke timur dan utara, untuk memungkinkan para pihak menyelesaikan pertukaran tahanan dan tawanan.

Ke dua pihak akan membebaskan tahanan Israel. Termasuk perempuan dan anak-anak (di bawah usia 19 tahun, bukan wajib militer), orang tua, dan orang sakit, dengan imbalan semua tahanan di penjara pendudukan.

Termasuk perempuan, anak-anak, orang lanjut usia (di atas 50 tahun), dan orang sakit, yang telah ditangkap hingga tanggal penandatanganan perjanjian ini, tanpa kecuali.

Selain 1.500 tahanan Palestina, Hamas mencalonkan 500 di antaranya untuk menerima hukuman seumur hidup dan hukuman berat.

Menyelesaikan prosedur hukum yang diperlukan untuk memastikan bahwa tahanan Palestina dan Arab tidak ditangkap kembali atas tuduhan yang sama seperti saat mereka ditangkap.

Pelepasan bersama dan serentak terjadi dengan cara yang menjamin pelepasan pada tahap ini semua orang yang namanya tercantum dalam daftar yang telah disepakati sebelumnya, dan nama serta daftar tersebut dipertukarkan sebelum pelaksanaan. (top/**)

Comments
Loading...