Pemda Banggai Gandeng BPKP Tingkatkan Kemampuan APIP

0

BANGGAI, OKENESIACOM- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, menghadiri undangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Diklat Audit Investigatif Level Basic bagi Auditor Inspektorat Kabupaten Banggai.

Acara yang berlangsung sejak tanggal 26 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024 itu berlangsung di Aula Graha Audita Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, Senin (26/2/2024).

Ketua Panitia Diklat, Tumbur Parulian Simatupang dalam laporannya menyampaikan bahwa diklat ini diikuti oleh 33 peserta dari Inspektorat Kabupaten Banggai. “Melalui diklat ini, kami berharap peserta dapat memahami dan mengimplementasikan audit investigatif tingkat dasar dengan lebih baik, sehingga dapat bersiap jika terjadi tugas pengawasan yang mendadak,” ujar, Tumbur.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO, yang telah mempercayai BPKP Sulteng untuk menyelenggarakan diklat ini.

“Semoga melalui diklat ini dapat menambah kompetensi dan kapabilitas APIP Inspektorat Banggai dalam melaksanakan tugasnya menghadapi pengawasan investigatif yang bersifat tiba-tiba dan mendadak,” kata Edy.

Dalam sambutannya sekaligus membuka diklat secara resmi, Bupati Banggai, Amirudin, mengucapkan terima kasih dan memberiksan apresiasi kepada BPKP Sulteng yang telah menerima Inspektorat Banggai dalam mengikuti diklat ini.

“Mari ikuti diklat ini dengan serius, dengan menggali ilmu dari para instruktur diklat, apalagi salah satu instruktur adalah Bapak Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia, Bapak Evenri Sihombing, sehingga dapat menjadi bekal dalam menghadapi audit investigatif guna mewujudkan pemerintahan yang bersih di Kabupaten Banggai,” ujar Amirudin.

Amirudin menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilanjutkan ke depannya, karena kebutuhan peningkatan kapasitas APIP yang sustainable sekaligus sebagai aksi percepatan pencapaian visi dan misi Pemda Banggai.

“Peningkatan kapasitas APIP harus terus ditingkatkan untuk memperbaruhi pengetahuan bagi APIP itu sendiri. Oleh karena itu, saya sudah menyampaikan kepada Inspektur, tolong dicatat Pak Inspektur, agar kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini dan harus terus dilanjutkan ke depannya. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari pelaksanaan pencapaian visi dan misi kami, khususnya misi ke satu, yaitu membangun sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan sejahtera” tutur Amirudin.

Menutup sambutannya, Amirudin mengundang Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Edy Suharto, untuk berkunjung di Kabupaten Banggai guna memberikan pembekalan dan pengarahan kepada aktor pengelolaan keuangan daerah.

Direktur Investigasi 1 BPKP Republik Indonesia, Evenri Sihombing, dalam pemaparannya, lebih mengedepankan teknik diskusi dan contoh kasus dengan para peserta diklat dalam menjelasakan tentang fraud dan audit investigatif. Mulai dari pengertian dan jenis audit investigatif, teknik audit investigatif, aksioma audit investigatif, sinyal peringatan kecurangan, syarat dan jenis bukti, serta teori kerugian negara. (top/**)

Comments
Loading...