Ini Agenda Silaknas PINBUK Se Indonesia di Luwuk

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Jajaran pengurus Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Sulteng mematangkan persiapan gelaran Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas), PINBUK se Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. Agenda ini akan berlangsung selama lima hari, dimulai tanggal 30 November 2023 dan berakhir pada tanggal 3 Desember 2023.

Lalu, apa saja agenda Silaknas PINBUK se Indonesia yang dipusatkan di Luwuk? Direktur PINBUK Sulteng, Andi Aril Patalau menguraikan beragam agenda Silaknas di Kota Luwuk, kota yang dikenal dengan sebutan Kota BERAIR (bersih, aman, indah dan rapi).

Berdasarkan term of reference (TOR) Silaknas PINBUK, sejumlah agenda akan dilangsungkan. Yakni, sarasehan ekonomi, sarasehan pertenian, festival ekonomi syariah dan touring wisata Kabupaten Banggai.

Di seremonial pembukaan Silaknas urai Aril, rencananya akan dihadiri Wakil Presiden RI, Ketua ICMI Pusat, Menteri Koperasi dan UMKM, Direktur Eksekutif PINBUK Pusat, Gubernur Sulteng, Bupati Banggai, delegasi PINBUK se Indonesia yang tersebar di 38 provinsi, PINBUK se Sulteng, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, lembaga keuangan, organisasi kemasyarakatan serta organisasi kepemudaan di Kabupaten Banggai.

Aril yang juga Kepala Sekretariat Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah menjelaskan. untuk sarasehan hilirisasi bisnis koperasi dan UMKM, pembicaranya adalah Menteri Koperasi dan UMKM RI, Gubernur Sulteng, Bupati Banggai. Pesertanya adalah delegasi PINBUK se Indonesia, PINBUK se Sulteng, akademisi, ormas dan OKP di Kabupaten Banggai. Agenda kegiatan ini dilangsungkan di Luwuk.

Sementara sarasehan percepatan pengembangan agribisnis, pembicaranya adalah Menteri Pertanian RI, akademisi Universitas Tadulako Palu dan akademisi Universitas Tompotika Luwuk. Pesertanya adalah delegasi PINBUK se Indonesia, PINBUK se Sulawesi Tengah, masyarakat, akademisi, pelaku agribisnis, lembaga keuangan dan lain-lain. Agenda direncanakan akan digelar di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai.

Berikutnya, festival ekonomi syariah. Bentuk kegiatannya adalah pameran UMKM se Kabupaten Banggai (kuliner halal), festival anak sholeh, model fasion muslimah, sosialisasi sertifikat halal, sosialisasi lembaga keuangan syariah.

Ada pula kegiatan touring wisata. Touring wisata di Pantai Kilo 5, Bukit Keles, Teluk Lalong serta Air Terjun Salodik. (top)

Comments
Loading...