Pertanahan Banggai Redistribusi 1.145 Bidang Tanah

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Selama kurun waktu tahun 2023 ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai melaksanakan program redistribusi tanah reforma agraria.

Tercatat, program redistribusi reforma agraria per 30 Oktober 2023, mencapai 1.145 bidang tanah untuk masyarakat.

Program yang telah terlaksana itu disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai, Hardjiman, S.P di agenda jumpa pers yang berlangsung di Hotel Estrella, Luwuk, Kabupaten Banggai, Kamis (2/11/2023).

Program ini merupakan salah satu bagian dari reforma agraria. Tujuan redistribusi tanah ialah memperbaiki kondisi sosial-ekonomi rakyat dengan cara membagikan lahan secara adil dan merata kepada warga negara.

Dengan begitu, ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia, terutama di Kabupaten Banggai diharapkan bisa berkurang.

Selain redistribusi reforma agraria, Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai telah menyelesaikan target sebanyak 3.400 sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat.

Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai di tahun 2023 telah menyukseskan Program Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional, melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dulu, program ini dikenal dengan sebutan prona atau proyek operasi nasional agraria. (top)

Comments
Loading...