Anak Kabupaten Banggai Catat Prestasi di Ajang Nasional

0

PALU, OKENESIA.COM- Dua anak Kabupaten Banggai mencatatkan prestasi terbaiknya di ajang Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Indonesia (KREASI) 2023 bidang matematika, sains dan teknologi lingkungan.

Mereka adalah, Yuki Putri Issabella Yusuf, putri pasangan Abd. Hakri Yusuf dan Wirawaty Suling. Warga, Kelurahan Mendono, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai. Siswa lainnya dari Kabupaten Banggai adalah Faturrahman Lamondjong, putra Kusnan Lamondjong dan Siti Hajar.

Yuki tergabung di tim 1 dan Faturrahman tergabung di tim 2, delegasi MAN Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu berlaga di ajang KREASI 2023.

Tim satu atas nama Muhammad Bariq Rif’at Rosandi dan Yuki Putri Isabella Yusuf berhasil memperoleh medali emas. Tim dua Faturrahman Lamondjong dan Raudhatul Jannah meraih prestasi medali perunggu.

Tim Riset MAN Insan Cendekia Kota Palu mengukir pretasi pada ajang Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Indonesia (KREASI) 2023 bidang matematika, sains, dan teknologi lingkungan.

Ajang itu diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI)/PPPPTKI Bahasa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Saat final laga yang berlangsung Sabtu (25/11/2023), tim 1 delegasi MAN IC Kota Palu memperoleh medali emas dan tim 2 meraih medali perunggu. Mereka tiba di Palu, Senin (27/11/2023) disambut hangat di sekolah mereka.

Informasi yang disadur dari website Kemenag.co.id menyebutkan bahwa ajang KREASI 2023 yang diadakan ABAK Academy bekerja sama dengan Artificial Intelligence Center Indonesia dan Insan Madani Center itu diikuti oleh siswa perwakilan hampir semua provinsi di Indonesia, baik tingkat SMP/MTs sederajat maupun tingkat SMA/MA negeri dan swasta.

Kali ini, peserta KREASI 2023 tingkat SMA/MA yang dinyatakan sebagai finalis tingkat nasional merupakan siswa-siswa terbaik dari setiap sekolah/madrasahnya masing-masing, yakni sebanyak 25 tim dari provinsi yang berbeda.

Ajang ini berlangsung sejak bulan Juli sampai dengan November 2023. Empat tahapan harus dilewati sebelum bisa jadi pemenang. Registrasi dan unggah proposal (online) dimulai tanggal 17 Juli – 8 September, pembekalan dan workshop penelitian di bulan Oktober, babak semifinal 3 November 2023 dan terakhir babak final 24-26 November 2023.

Sebanyak dua tim yang menjadi delegasi MAN Insan Cendekia Kota Palu pada ajang KREASI bidang matematika, sains dan teknologi lingkungan.

Kepala MAN IC Kota Palu, Hj. Mardiati Rosmah menyambut tim yang baru saja pulang dari Jakarta dengan mengadakan seremonial khusus penyerahan aprsesiasi atas capaian prestasi pada Senin 27 November 2023.

Dirangkaikan dengan pembukaan ujian semester ganjil 2023/2024 dan penyerahan penghargaan guru berprestasi dan berdedikasi MAN Insan Cendekia Kota Palu.

Kepala Madrasah Hj. Mardiati Rosmah berterima kasih atas capaian prestasi yang telah diperoleh. Hal ini merupakan kado terbaik bagi MAN Insan Cendekia Kota Palu di hari guru nasional.

“Terima kasih banyak untuk Muh. Sidik, S.Pd., M.Pd atas bimbingan dan pembinaannya, sehingga berhasil mencetak prestasi dalam bidang riset. Semoga prestasi yang diukir semakin banyak lagi,” tutur Mardiah.

Ibunda Yuki Putri Issabella Yusuf, Wirawaty Suling via pesan WhatsApp, Selasa (28/11/2023) mengaku, bangga terhadap pencapaian itu.

Yuki merupakan putri ketiga dari empat bersaudara. Terhadap pencapaian itu, Wirawaty Suling menaruh harap, agar senantiasa bersyukur dan tak berhenti belajar.

Wirawaty yang berprofesi sebagai tenaga medis di Puskesmas Kintom ini mengaku, selalu mewanti-wanti anaknya untuk terus belajar giat. Pencapaian hari ini, bukanlah akhir dari segalanya. Sebab, tantangan ke depannya akan lebih luas. “Alhamdulillah, fi nikmatillah. Semoga ini juga bisa memotivasi dan menginspirasi anak-anak lainnya di Kabupaten Banggai, khususnya untuk terus mengasah dan belajar,” ungkap Wirawaty yang akrab disapa Ses Tun ini. (top/**)

Comments
Loading...