Tentara Israel Tahan Bantuan WHO Menuju Rumah Sakit Nasser

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan bahwa militer Pendudukan Israel menahan konvoi bantuan yang bersumber dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. Rencananya, bantuan tersebut akan disalurkan ke Rumah Sakit Nasser yang terletak di Jalur Gaza Selatan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Palestina, dr. Ashraf Al-Qudra menyebut bahwa bantuan kemanusiaan itu hanya berjarak sekira 50 meter dari Rumah Sakit Nasser. Di kendaraan konvoi bantuan itu sebut Ashraf, terdapat tokoh-tokoh internasional tingkat tinggi.

“Konvoi terdiri dari dua truk. Satu berisi bahan bakar dan satu lagi berisi air dan makanan. Tentara Israel telah menahan kendaraan bantun  selama 7 jam,” ungkap dr. Ashraf Al-Qudra, Jumat (16/2/2024) dikutip Okenesia.com dari laman Telegram Kementerian Kesehatan Palestina/Gaza.

Pendudukan Israel kata Ashraf, membuat lubang di depan dan di belakang konvoi bantuan PBB untuk mencegahnya mencapai Rumah Sakit Nasser.

“Tentara Israel masih menahan sejumlah besar tenaga medis, pasien, dan pengungsi di gedung bersalin dan menginterogasi mereka dalam kondisi yang keras dan tidak manusiawi. Lima tenaga medis dan 120 pasien di gedung lama RS Nasser, meninggalkan mereka tanpa listrik, tanpa air, tanpa makanan, dan tanpa oksigen. Listrik masih terputus di Rumah Sakit Nasser akibat matinya generator, yang mengancam kematian kasus-kasus yang membutuhkan oksigen,” kata Ashraf.

Pendudukan Israel mencegah evakuasi kasus-kasus serius dari Rumah Sakit Nasser ke rumah sakit lain untuk menyelamatkan nyawa mereka. (top/**)

Comments
Loading...