Pemda Banggai Komitmen Wujudkan Lingkungan Hidup Tetap Terjaga

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pemda Banggai berkomitmen mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang mampu mengarahkan pembangunan, agar fungsi lingkungan hidup tetap terjaga. Komitmen itu diwujudkan sebagain bagian dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.

Demikian disampaikan Bupati Banggai, Amirudin dalam sambutan terulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Banggai Bidang Pemerintah Hukum dan Politik, Mujiono ketika membuka secara resmi agenda kick off kegiatan penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis-Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS-RPJMD) Kabupaten Banggai tahun 2024-2029.

Agenda ini diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Banggai berlangsung di Ruang Rapat Pahangkabotan Kantor Bappedalitbang, Selasa (26/3/2024). Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banggai, Sekretaris Bappedalitbang, sejumlah pimpinan OPD, tenaga ahli/narasumber serta peserla kick off.

Penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka menengah daerahKabupaten Banggai tutur Bupati Amirudin, merupakan salah satu asas dalam implementasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam segala tahapan perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembangunan. Artinya, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup wajib dilakukan secara terpadu dan bersinergi dengan penataan ruang, perlindungan sumber daya alam non hayati, perlindungan sumber daya buatan, konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Penyusunan KLHS dapat dilakukan dengan tahapan proses yang baik. “Untuk itu, sangat dibutuhkan adanya peran, masukan dan saran positif dan konstruktif dari peserta forum, sehingga nanti akan dapat kita sepakati komitmen bersama, sekaligus rekomendasi atas perumusan mitigasi dan atau alternatif KLHS, untuk kemudian dapat kita integrasikan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Banggai Tahun 2024 – 2029,” tutur Bupati Amirudin.

“Olehnya itu, selaku pimpinan daerah saya menghimbau seluruh stakeholder yang terkait agar senantiasa memberikan dukungan dalam penyusunan dokumen dengan baik,” pinta Bupati Amirudin. (top/**)

Comments
Loading...