Dokter Adnan, Ahli Ortopedi RS Assyifa Gaza Tewas Setelah Disiksa

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Dokter ahli ortopedi yang bertugas di Rumah Sakit Assyifa, wilayah Rimal Utara, Kegubernuran Gaza, Dokter Adnan Al-Barsh dinyatakan tewas setelah mengalami penyiksaan di dalam penjara Pendudukan Israel.

Informasi itu diketahui dari pernyataan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, dr. Ashraf Al-Qudra seperti dikutip dari platform Telegram akun Kementerian Kesehatan Palestina, Gaza, Kamis (2/5/2024).

“Kementerian kesehatan mengutuk pembunuhan dr. Adnan Al-Barsh, kepala departemen ortopedi Rumah Assyifa  di bawah penyiksaan di dalam penjara Pendudukan Israel,” tutur Ashraf.

Dokter Adnan ditangkap bersama sejumlah petugas media saat mereka sedang bertugas selama agresi militer Israel terhadap warga Jalur Gazaa. “Pembunuhan Dokter Adnan Al-Barsh di penjara pendudukan menambah jumlah korban tewas di sektor kesehatan di Gaza sejak 7 Oktober menjadi 492 orang syahid (tenaga medis),” kata Ashraf.

Perlakuan sipir penjara tak manusiawi. Dokter Adnan dinyatakan syahid dalam kondisi tak wajar. Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza memastikan bahwa Dokter Adnan telah mengalami penyiksaan berkepanjangan sebelum menghembuskan napas terakhir.

Terhadap fakta demikian, Kementerian Kesehatan Palestin di Gaza menyerukan kepada komunitas internasional dan organisasi kesehatan dan hak asasi manusia untuk melakukan intervensi dan mengunjungi para tahanan, melindungi mereka di penjara dari penyiksaan, terorisme dan pembunuhan, dan membebaskan mereka. (top/*)

Comments
Loading...