Kabupaten Banggai Diusulkan 3 DOB, Saluan, Tompotika & Batui-Toili

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Kabupaten Banggai, diusulkan dimekarkan menjadi tiga Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni DOB Saluan, DOB Tompotika serta DOB Batui-Toili. Usulan pemekaran Kabupaten Banggai itu diketahui di agenda pertemuan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Sulteng, Farida Lamarauna dengan Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir di ruang kerjanya, Senin (13/5/2024).

Usulan pemekaran itu disambut baik Wagub Ma’mun Amir. Ma’mun mengakui bahwa pemekaran daerah sangat penting untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempercepat proses pembangunan.

Ma’mun menyebut bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) telah mencatat beberapa usulan pembentukan daerah persiapan di Provinsi Sulawesi Tengah. Namun, beberapa kabupaten/kota belum memenuhi persyaratan dasar dan administratif, kecuali Kabupaten Moutong dan Kabupaten Tomini Raya.

Wagub Ma’mun, berharap BRIDA Sulteng segera merampungkan kajian analisis kelayakan DOBKabupaten Donggala dan Kabupaten Toli Toli.

Hasil kajian tersebut akan digabungkan dengan Kabupaten Banggai dan Kabupaten Poso, kemudian dilaporkan ke Gubernur untuk mendapatkan masukan dan persetujuan sebelum dipresentasikan di lembaga dewan.

Selain itu, hasil kajian tersebut diharapkan menjadi pintu masuk untuk meninjau kembali kebijakan moratorium. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendorong pembentukan DOB berdasarkan hasil kajian analisis kelayakan,” tutur Ma’mun Amir.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BRIDA Sulteng, Farida Lamarauna, SE, M.Si, menyampaikan tujuan kedatangannya untuk menyerahkan dokumen hasil studi kelayakan DOB Kabupaten Banggai.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Drs. Dahri Saleh, M.Si, Sekretaris Brida, Agustin Maria Tobondo, dan Kepala Bagian Pemerintahan, Husni. (top/*)

Comments
Loading...