Kebangkitan Kedua menuju Indonesia Emas

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin menjadi inspektur upacara peringatan ke 116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di Kabupaten Banggai.

Upacara berjalan dengan baik, lancar dan penuh hikmat itu berlangsung di Halaman Kantor Bupati Banggai, Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Harkitnas tahun ini bertemakan “Kebangkitan Kedua menuju Indonesia Emas”.

Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan bahwa hari ini masyarakat dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat.

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih dari pada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan berkunjung kembali kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia,” ujarnya.

“Apa yang telah dirintis Boedi Oetomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang Hindia Belanda, seorang tokoh politik Etis Belanda, menyatakan ” Sesuatu Yang Ajaib sedang terjadi, Insulinde molek yang sedang tidur, sudah terbangun,” ucap Wabup Furqanuddin.

Hari ini sebut Menkominfo, berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa, sementara itu, di hadapan telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia, bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap memgembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

Olehnya itu kata Wakil Bupati, kebangkitan kedua merupakan momen terpenting menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan.

“Kemajuan telah terpampang didepan mata. Momen ini meski kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” demikian pesan Menkominfo.

Usai upacara Wakil Bupati Banggai bersama unsur Forkopimda, pejabat TNI/Polri serta pejabat Pemda Banggai, melakukan kunjungan Ke Taman Makam Pahlawan (TMP) TanjungTuwis, untuk .elaksanakan upacara ziarah Taman Makam Pahlawan dan Tabur Bunga.

Turut hadir di agenda upacara, unsur Forkopimda Banggai, Sekda Banggai, para Staf Ahli Ahli/Assisten/Staf Khusus Setda Banggai, pimpinan perangkat daerah, para perwira TNI/Polri, para instansi vertikal, pimpinan perbankan, para kabag Setda Banggai, camat se Kabupaten Banggai serta seluruh peserta upacara TNI/Polri, Sat-Pol PP, Korpri, siswa dan siswi. (top/*)

Comments
Loading...