Peminat MTsN 1 Banggai Membludak

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Peminat Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Banggai tahun ini membludak. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pendaftar calon peserta didik di madrasah yang dipimpin Jamil Hasyim itu.

Hingga saat ini, jumlah pendaftar di madrasah itu sudah berada di kisaran 400 calon. Sementara rombongan belajar atau rombel yang tersedia tak mencukupi kapasitas. Jumlah rombel di madrasah yang terletak di Jalan S. Parman, Luwuk, Kabupaten Banggai itu hanya 30 saja.

Jumlah peminat yang membludak itu kian membuktikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banggai itu menjadi pilihan buntut prestasi yang ditorehkan peserta didiknya.

Bahkan, Kepala MTs Negeri Banggai, Jamil Hasyim mengakui, jelang penerimaan peserta didik, pihaknya tak pernah menyosialisasikannya. Praktis, sekolah itu dikenal karena torehan prestasinya.

“Jumlah siswa kurang lebih 1.000, kami tidak pernah turun sosialisasi. Jumlah rombel kami hanya 30. Alhamdulillah, peminat di sekolah kami cukup banyak,” ungkap Jamil Hasyim saat menyampaikan sambutannya di agenda perpisahan dan pelepasan siswa Kelas IX, MTs Negeri 1 Banggai, Rabu (22/5/2024).

Agenda perpisahan sekaligus pelepasan yang dikemas penuh apik itu dihadiri Wabup Banggai, Furqanuddin Masulili mewakili Bupati Banggai, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai, Syafrudin Hinelo, Zainal Abidin mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Banggai dan pihak lainnya.

Jamil di kesempatan itu menyampaikan bahwa pelaksanaan perpisahan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pelaksanaan tahun sebelumnya, setiap anak dikalungkan medali satu per satu, tapi tahun ini diundang kedua orang tua siswa untuk menyematkan medalinya ke masing-masing anaknya. Pertimbangannya adalah waktu.

Jamil juga berpesan kepada siswa-siswi Kelas IX yang akan meninggalkan bangku tsanawiyah untuk menaati seluruh ajaran para guru. “Mewakili majelis guru, kami berpesan kepada anak-anakku sekalian, manfaatkan ilmu. Orang yang berilmu diangkat derajatnya, asalkan dia beriman. Makanya, disampaikan jangan lupa salat lima waktu. Disiplinkan salat lima waktu. Jika bapak ibu guru Mts Negeri 1 Banggai, mengingatkan, maka amalkanlah itu. Karena itulah jalan lurus menjadi anak-anak yang terbaik. Rasulullah dalam sabdanya bahwa ‘sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat terhadap manusia lainnya’,” pesan Jamil.

Sementara itu, Zainal Abidin mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Banggai menyampaikan apresiasi tinggi dan ucapan excellent kepada Kepala MTs Negeri 1 Banggai yang mendesain agenda perpisahan dan pelepasan yang cukup meriah.

Meriah dan apik itu, karena pembawa acara di agenda pelepasan itu menggunakan tiga bahasa. Bahasa Indonesia, Inggris dan Bahasa Saluan. Ditampilkan pula berbagai hiburan dari para siswa-siswi.

“Selamat kepada anak-anakku yang telah menyelesaikan studinya. Semoga terus berprestasi menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua dan bangsa,” pesan Zainal.

Hadir di agenda itu, Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili mewakili Bupati Banggai, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai, Syafrudin Hinelo, Kepala Kantor Kementerian Agama Banggai diwakili Zainal Abidin, Kepala BAZNAS Banggai serta orang tua siswa-siswi. (top)

Comments
Loading...