Pelatihan Jurnalis PT PAU, Lesmana Ingatkan Bijak Menggunakan Medsos

0

BANGGAI, OKENESIA.COM – Dalam rangka meningkatkan kapasitas publikasi informasi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Lesmana Kulab, S.Kom, secara resmi membuka Workshop Dasar Jurnalistik, Senin (19/8/2024), bertempat di Hotel Santika Luwuk.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Panca Amara Utama (PAU) itu mengusung tema “Citizen Journalism” dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar jurnalistik serta memperkenalkan konsep “Citizen Journalism” atau jurnalisme warga yang saat ini semakin relevan dalam era digital.

Selaku Perwakilan dari PT. Panca Amara Utama (PAU), Novari Mursita menyampaikan bahwa melihat di era globalisasi saat ini sangatlah penting.

“Kami berharap kegiatan ini bisa diimplementasikan di wilayah bapak ibu sebagai informasi utama atau dasar ke masyarakat yang baik dan benar,” harap Novari.

Sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banggai, Iskandar Djiada, menyampaikan jika berbicara tentang jurnalisme warga, ini tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi.

“Workshop seperti ini penting untuk memberi pencerahan bahwa bermedia sosial menjadi penyebar informasi tetap ada ruang, ada batasan dan ada aturannya,” tutur Ketua PWI Banggai.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Lesmana Kulab, S.Kom, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini.

“Tentu ini merupakan langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik khususnya di tingkat desa dan kelurahan,” tutur Lesmana.

Saat ini kata Lesmana, warga bisa dengan mudah menjadi jurnalis dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya di media sosial.

“Jadi memang di era digital ini kemampuan untuk mengelola dan menyebarluaskan informasi ini sangat penting, walaupun semua orang bebas menyebarkan informasi, tetapi tentu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi,” jelas Kepala DKISP Kabupaten Banggai inj.

Lesmana Kulab menjelaskan bahwa Pemda Banggai telah membangun Command Center. Dengan penggunaan social media analytics yang menggunakan AI atau kemampuan ini dapat mengumpulkan dan menemukan makna dalam data yang dikumpulkan dari saluran sosial.

“Pada Banggai Command Center ini tidak hanya memantau situasi Kota Luwuk lewat CCTV, tetapi ada juga memantau informasi yang beredar melalui aplikasi itu tadi social media analytics,” ujar Lesmana.

Sebelum menutup sambutannya, Lesmana menegaskan, “Sebaiknya menggunakan medsos dengan bijak, karena meski apa yang pernah dibagikan kemudian dihapus, tetap masih bisa diperoleh jejak digitalnya,” tegas Lesmana.

Workshop ini menghadirkan tiga pemateri berpengalaman. Yakni, Novari Mursita, Sr. External Relation PT PAU, memaparkan materi Pengenalan PT. PAU dan Media Relation.

Selain itu, Maria Ulfa, M.I.Kom, seorang praktisi dan akademisi di bidang komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai bersama Haris Ladici sebagai praktikum memberikan materi tentang pelatihan dasar jurnalistik.

Melalui kombinasi sesi teori dan praktik, para peserta dalam hal ini aparat desa Kecamatan Batui, Kintom dan Nambo diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dengan langsung menyusun berita, melakukan wawancara, serta memanfaatkan berbagai platform digital untuk menyebarkan informasi. (top/*)

Comments
Loading...