Awas, Israel Pindahkan Jet-jet Tempur Ke Negara Tetangga

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Israel saat ini dikabarkan mulai memindahkan lokasi penyimpanan jet-jet tempur F-35 mereka ke negara tetangga. Sumber militer Iran, seperti dikutip Fars News, Minggu (20/10/2024), menginformasikan bahwa pendistribusian jet-jet tempur Israel tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi mereka atas serangan balasan lanjutan dari Iran, andaikata Israel jadi menyerang Iran dalam waktu dekat ini.

“Gambar satelit mengonfirmasi bahwa hangar F-35 dihantam misil. Menurut IntelSky, setidaknya 40 lokasi dalam area Markas Nevatim di Gurun Negev dihantam misil-misil Iran. Institut Middlebury juga melaporkan setidaknya tiga F-35 menjadi target dari serangan Iran,” ujar sumber militer kepada Fars News.

Sumber militer Iran itu menambahkan, sebanyak hampir 200 misil balistik dikirim Iran ke Israel pada 1 Oktober 2024 dengan tingkat kesuksesan misil menghantam target sebesar 90 persen, meskipun Pemerintah Israel membantah adanya kerusakan signifikan akibat serangan misil Iran tersebut. Serangan balasan dalam Operasi Janji Setia II Iran itu sendiri dilakukan dalam dua fase yang masing-masing berlangsung selama tiga menit.

Respons Israel atas serangan rudal balistik Iran pada 1 Oktober 2024 lalu sampai saat ini masih terus dinantikan. Desas-desus bahwa Israel bakal membalas dengan menyerang fasilitas minyak dan nuklir Iran terus bergulir dan memicu kekhawatiran kalangan internasional.

Meski begitu, otoritas AS dan Rusia pun telah buka suara dengan memperingatkan Israel agar tidak menyerang objek vital fasilitas minyak dan nuklir Iran, karena tindakan tersebut akan semakin mempengaruhi eskalasi ketegangan di Timur Tengah.

Sementara itu, Komandan Angkatan Darat Iran, Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi, seperti dikutip Tasnim News, Senin (21/10/2024), telah menegaskan bahwa militer Iran menyiapkan pukulan menghancurkan dan mematikan bila Israel melakukan kesalahan. (zul/**)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!