Menuju Haji Terkoneksi: Urusan Dua Kota Suci Luncurkan Paket Haji Digital yang Inovatif dalam Kampanye ‘Hafawah’

0

Makkah, Okenesia.com – Untuk memudahkan pelaksanaan ibadah haji tahun 1444 H., Urusan Dua Kota Suci melalui Badan Urusan Teknologi dan Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan melalui Direktorat Jenderal Teknologi Informasi, di bawah Urusan Dua Kota Suci, meluncurkan “Paket Haji Digital” yang menjadi bagian dari kampanye program “Hafawah” yang berarti kepedulian.

Baca juga: Raja Salman Keluarkan 1.300 Undangan Naik Haji Gratis, Pelayanan Kelas Atas

Direktur Jenderal Teknologi Informasi, Wahib Al-Mutrafy, menjelaskan bahwa badan tersebut telah menyediakan berbagai platform dan aplikasi digital dalam Paket Haji Digital yang disajikan melalui satu platform yang melayani semua jamaah dan pengunjung dua Kota Suci. Di antaranya adalah layanan fatwa dan panduan untuk para penanya, serta layanan saran dan usulan yang memungkinkan jamaah berpartisipasi dalam memberikan usulan yang berkontribusi dalam pengembangan layanan dan memperkaya pengalaman Haji. Selain itu, ada pula layanan Haji dan Ziarah, yang menyediakan berbagai informasi dan petunjuk keagamaan serta berbagai layanan digital lainnya yang berkontribusi dalam meningkatkan pengalaman Haji dan pengunjung untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Ia menambahkan, “Terdapat juga berbagai aplikasi digital seperti aplikasi “Wamae Al-Adhkar” yang mencakup dzikir-dzikir dan doa-doa dari Al-Quran dan hadis Nabi, serta aplikasi “Mushaf Al-Haramain” yang memuat mushaf Al-Quran dalam bacaan Hafs dari ‘Asim. Selain itu, terdapat pula platform “Manarat Al-Haramain” yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman digital keagamaan di dua Kota Suci dan meningkatkan kualitas layanan digital mereka, serta untuk mengatasi hambatan ruang dan memungkinkan dan memperkuat hubungan spiritual dengan dua Kota Suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Kami juga menyediakan siaran digital terjemahan khutbah Arafah dalam berbagai bahasa, serta mengaktifkan peran imam-imam dua Kota Suci dalam memberikan dukungan yang berkelanjutan dengan berpartisipasi dalam pelajaran dan khutbah harian, termasuk khutbah Jumat yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Kami juga memfasilitasi penyediaan panduan dan nasihat keagamaan serta memungkinkan para penerima manfaat untuk mengakses layanan terkait dua Kota Suci melalui platform digital yang mudah digunakan dan berkualitas tinggi di mana khutbah dan pelajaran dapat ditayangkan secara langsung, serta memberikan kemungkinan untuk berkomunikasi langsung dengan para ulama dan ahli syariah dan berbagai aplikasi digital lainnya yang berkontribusi dalam memperkaya pengalaman Haji dan pengunjung untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.”

Baca juga: Dubes Saudi dan Kemenag Bahas Rencana Kunjungan Menteri Saudi dan Kuota Haji

Sementara itu, Wakil Direktur Eksekutif untuk Urusan Teknologi dan Transformasi Digital serta Kecerdasan Buatan, Raed Al-Mutrafy, mengatakan bahwa rencana pengembangan yang komprehensif untuk sistem layanan dua Kota Suci didasarkan pada rencana metodologi yang dipelajari dari studi terbaru dan standar layanan global. Hal ini melibatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan peralatan mekanis untuk menyusun sistem layanan yang terintegrasi dan memenuhi keinginan para jamaah Haji di Baitullah Al-Haram selama bulan Haji. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan harapan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan Pangeran Mahkota, yang dijaga oleh Allah, untuk meningkatkan secara komprehensif sistem layanan dua Kota Suci. Ia juga menekankan bahwa Paket Haji Digital dapat diakses melalui tautan berikut: https://gph.gov.sa/index.php/ar/hajj-1444.

Sumber: Islamic Geographic

Comments
Loading...