Jamaah Haji Asal Banggai Tiba di Luwuk

0

BANGGAI, OKENESIA.COM – Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M, Kamis (20/07/2023) di Masjid Agung An-Nuur Luwuk menerima kembali kedatangan 183 Jamaah Haji Kabupaten Banggai Tahun 1444 H / 2023 M yang tergabung dalam Kloter 9 BPN.

Satu jamaah lainnya atas nama Yunara Usman Matorang, masih menjalani perawatan di salah-satu Rumah Sakit di Mekkah.

Baca juga: Petani Banggai Meregang Nyawa Gantung Diri

Terlihat turut menyaksikan kedatangan para jamaah haji tersebut unsur Forkopimda, anggota DPRD Kabupaten Banggai, beberapa pimpinan OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan keluarga para jamaah haji.

Atas nama Pemda Banggai, Wabup H. Furqanuddin mengucapkan selamat datang dan selamat tiba kembali di tanah air, khususnya tiba di Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya H. Furqanuddin mengucapkan terima-kasih kepada jamaah haji Kabupaten Banggai, karena selama melaksanakan ibadah haji di tanah-suci di musim haji tahun 2023 ini, jamaah haji Kabupaten Banggai telah merujuk pada hal-hal yang yang menjadi panutan. “Kita tidak mendengar peristiwa-peristiwa yang disebabkan oleh jamaah haji asal Kabupaten Banggai,” ujarnya. Wabup berharap, sekembalinya dari tanah-suci, pergaulan di tengah-tengah masyarakat akan mewarnai dan memberi contoh dan menjadi panutan di tengah-tengah masyrakat.

Sementara itu, saat memberikan pesan dan kesan, H. Soffian Datu Adam yang juga Kepala BPKSDM Kabupaten Banggai menyampaikan bahwa seluruh jamaah haji Kabupaten Banggai mengucapkan terima-kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah menfasilitasi transportasi.

Baca juga: Bekas Pabrik Ice Cream Tiamo Diduga Sengaja Dibakar

Terjadi diskusi antar kloter, termasuk kloter-kloter dari Kalimantan saat berada di embarkasi tentang hal ini.

Para jamaah haji katanya, bertepatan dengan HUT Kabupaten Banggai, juga mendoakan daerah ini senantiasa maju ke depan, masyarakatnya Insya Allah sejehtera.
Soffian mengatakan, berkat doa dari pimpinan daerah, masyarakat, dan seluruh keluarga, seluruh jamaah dapat melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji, bahkan ditambah dengan ibadah sunnah lainnya.

Tentang kekurangan beberapa hal, Soffian Datu Adam berhadap ke depannya, melalui Kementerian Agama Kabupaten Banggai bisa menyarankan, agar sektor non kloter untuk pengurusan tranportqasi bisa benar-benar maksimal.

Ucapan terima-kasih juga disampaikan kepada Kementerian Agama Kabupaten Banggai dan seluruh Pembimbing Ibadah Haji yang telah membekali seluruh jamaah pada saat manasik.

“Alhamdulillah, semua itu terlaksana di lapangan dan benar-benar bisa diikuti oleh seluruh jamaah.” tutup Sofian Datu Adam mengakhiri kesan dan pesan singkatnya.

Baca juga: Ramadan Tukang Sepatu Damaskus 

Hal yang dirasa mengharukan setibanya di Luwuk, jamaah haji Kabupaten Banggai melalui Ketua Kloter 9, memberikan sumbangan sebesar Rp8.730.000,- untuk Masjid Agung An-Nuur Luwuk, dan diterima oleh Ta’mir Masjid. Sebelumnya saat berangkat, jamaah calon haji asal Kabupaten Banggai saat itu menyumbang untuk Masjid Embarkasi sebesar Rp17.000.000,-.

Di awal, hal senada juga disampaikan oleh Ketua Kloter 9 yang juga Sekretaris PPIH Kabupaten Banggai Aswari A. Nadjir bahwa selain menanggung biaya transportasi, Pemerintah Kabupaten Banggai juga memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kaitannya dengan transportasi dari Palu ke Balikpapan sekaligus konsumsi jamaah calon haji Kabupaten Banggai selama di embarkasi.

Lebih lanjut diinfokan oleh Aswari, pada tanggal 26 Juli 2023 nanti, kloter 15 sebanyak 34 jamaah haji akan berangkat dari Madinah dan tiba di Balikpapan tanggal 27 Juli 2023, dan Insya Allah tanggal 28 Juli 2023 akan tiba di Luwuk. Sementara itu, jamaah haji asal Kabupaten Banggai yang tergabung di kloter 20 akan berangkat dari Madinah tanggal 2 Agustus 2023 dan tiba di Balikpapan tanggal 3 Agustus 2023. (top)

Comments
Loading...