Wabup Banggai Ajak Orang Tua Siswa Besarkan SMKS Bangun Insani

0

NUHON, OKENESIA.COMWakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili mengajak orang tua siswa maupun warga di daerah itu untuk membesarkan SMKS Bangun Insani. Sebuah lembaga pendidikan swasta kejuruan. Ajakan Wabup Furqanuddin ini ia sampaikan saat meresmikan gedung sekolah baru SMKS Bangun Insani Tomeang, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Bupati Banggai Ingatkan TPID Bersikap Responsif dan Sinergis

Bukan hanya mengajak orang tua siswa dan warga, namun Pemda Banggai sebut Furqanuddin akan memberikan perhatian serius dan akan ikut andil demi perkembangan sekolah kejuruan itu.

“Mari kita besarkan sekolah ini. Sekolah ini akan menjanjikan harapan masa depan anak-anak kita, bayangkan kita punya potensi yang luar biasa sekarang ini banyak calon-calon investor yang telah melirik daerah kita di Kabupaten Banggai, dan banyak yang sudah mendaftar. Nah kalau kita tidak siapkan program-program pendidikan yang berkaitan dengan lapangan kerja, kesempatan ini jangan kita sia-siakan,” ujar Furqanuddin.

Peresmian gedung baru SMKS Bangun Insani ini dimotori Yayasan Assa’adah Bangun Insani. Peresmian berlangsung di Halaman Kompleks Sekolah Baru SMKS Bangun Insani Tomeang, Jl. Raya Tomeang Kecamatan Nuhon.

Peresmian gedung baru itu mengambil tema “Membina Iman Dan Taqwa, Berdaya Saing, Berjiwa Entrepreneurship Dalam Menumbuhkan Perilaku Positif, Mandiri, Disiplin dan Berakhlak Mulia”.

Acara diawali dengan penyerahan izin operasional dari Dinas Pendidikan Sulteng kepada Ketua Yayasan Assa’adah Bangun Insani Tomeang dan pengukuhan kepada 27 siswa/siswa SMKS Bangun Insani Tomeang angkatan pertama, tahun pelajaran 2023-2024 oleh Ketua Yayasan Assa’adah Bangun Insani Tomeang.

Baca juga: Ribuan Umat Muslim Banggai Pawai Tarhib Sambut 1 Muharram 1445 Hijriyah

“Tadi kita bersama-sama sudah mendengarkan gagasan-gagasan dari pendiri sekolah ini, dan tentunya kita harus patut berbangga, karena pembina maupun pengurus yayasan ini, adalah anak daerah Desa Tomeang yang telah sukses di rantau orang, tetapi begitu sukses di rantau orang tidak lupa kampung halaman. Tentu ini adalah sosok panutan kita semua, jadi kalau kita sudah sukses di rantau orang dan pulang di kampung kita harus bisa bangun kampung ini, sehingga Insya Allah nanti ke depan kampung kita akan sejajar dengan desa-desa yang ada di negeri tercinta ini,” puji Wabup Furqanuddin saat menyampaikan sambutan.

SMKS Bangun Insani sebut Furqanuddin merupakan wujud nyata gagasan-gagasan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. “Kenapa SMKS perlu kita dukung, karena Insya Allah dengan SMKS ini akan melahirkan generasi-generasi yang tampil dan mandiri kedepannya,” kata Furqanuddin.

Wabup Banggai ini menjelaskan, sesuai dengan program bupati dan wakil bupati dalam visi misinya, salah satu misinya adalah sumber daya manusia. “Dan Alhamdulillah beberapa tahun setelah 2 tahun ini kami memang selalu mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang tentunya bisa melaksanakan pembangunan di daerah ini, mengisi ruang-ruang yang harus memang diisi oleh generasi-generasi yang punya gagasan-gagasan, yang punya keterampilan-keterampilan. Jadi, Insya Allah melalui SMK ini, akan dibina siswa-siswa yang tampil program pembangunan nasional di bidang peningkatan sumber daya manusia,” urainya.

Salah satu bentuk membangun sumber daya manusia yang telah digagas Presiden Jokowi adalah program manajemen talenta muda Indonesia atau MANTAP. “Kita lihat di Papua sudah di-launching yang berkaitan dengan program MANTAP, yaitu Manajemen Talenta Pemuda Indonesia. Dan Alhamdulillah di Kabupaten Banggai juga satu-satunya kabupaten yang pertama dikunjungi oleh staf khusus Presiden, kemarin juga sudah diluncurkan program Mantap. Jadi program Mantap ini kita akan merekrut 1000 pemuda/pemudi,” jelas Wabup.

Baca juga: Pencarian Nelayan Hilang Masih Nihil

“Kepada para orang tua, mari kita besarkan sekolah ini dan sekolah ini akan menjanjikan harapan masa depan anak-anak kita. Bayangkan kita punya potensi yang luar biasa sekarang ini banyak calon-calon investor yang telah melirik daerah kita di Kabupaten Banggai, dan banyak yang sudah mendaftar. Nah, kalau kita tidak siapkan program-program pendidikan yang berkaitan dengan lapangan kerja, kesempatan ini jangan kita sia-siakan,” urainya lagi.

“Saya harapkan kepada yayasan nantinya bisa membuka jurusan yang berkaitan dengan penyediaan tenaga keja dan lapangan kerja, khususnya sumber daya alam, yang paling tidak nanti akan datang para investor yang tentunya akan juga dibutuhkan tenaga-tenaga yang berkaitan dengan itu, oleh karenanya mungkin ini yang bisa ditambahkan dalam salah satu kurikulum, sehingga mereka paling tidak secara umum ada gambaran tentang bagaimana ini yang berkaitan dengan sumber daya alam pertambangan,” papar Wabup Furqanuddin.

Agenda selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis seperangkat baju seragam sekolah dan penguntingan pita gedung sekolah baru oleh Wakil Bupati Banggai didampingi yang mewakili Gubernur Sulteng, Ketua Dewan Pembina, camat dan Forkopimcam.

Turut hadir dalam acara tersebut mewakili Gubernur Sulteng, Sekdis Pendidikan Sulteng Dr. Asrul Ahmad, M.Si, Staf Khusus Bupati Alimuddin Nur, Camat Nuhon, Camat Simpang Raya, unsur Forkopimcam, Ketua Dewan Pembina Yayasan Assa’adah Bangun Insani, Ketua Yayasan Assa’adah Bangun Insani, Kacabdis Wilayah V Provinsi Sulteng, Kasubag Bagian Prokopim Setda Banggai, Kepala KUA Kecamatan Nuhon, Kades Tomeang, para kades se Kecamatan Nuhon, para ketua dan anggota BPD se Kecamatan Nuhon, para dewan guru, para wali murid, para siswa/siswi, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. (top)

Comments
Loading...