Proyek APBD Banggai di Kepala Burung Tak Dipajangi Papan Proyek

0

BANGGAI, OKENESIA.COM – Agenda monitoring dan evaluasi (monev) terhadap beragam proyek pembangunan yang dibiayai dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banggai tahun anggaran 2023 di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Balantak, Balantak Selatan serta Balantak Utara, Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili menemukan proyek tak dipajangi papan proyek.

Baca juga: Wabup Banggai Monitoring Proyek APBD di Kecamatan Bualemo

Monev di tiga kecamatan yang dikenal dengan sebutan wilayah kepala burung itu, berlangsung Senin (24/7/2023), Wabup Furqanuddin didampingi Staf Khusus (Stafsus) Bupati Banggai Alimudin M. Nur dan Hasbullah Adjibu, Sekretaris PUPR Kabupaten Banggai Dedi Lakita, Bagian Bipram Setda Kabupaten Banggai, Bagian Prokopim Setda Kabupaten Banggai, Pemerintah Kecamatan Balantak Selatan, Balantak dan Balantak Utara dan Lurah Talangbatu.

Stafsus Bupati Alimudin M. Nur menyebut bahwa agenda monev dilakukan untuk melihat dari dekat kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan, bagaimana kondisinya, apakah sudah jalan atau belum.

Saat peninjauan tersebut, Wakil Bupati H. Furqanuddin Masulili mengingatkan agar segala macam pekerjaan harus sesuai dengan spek dan prosedur agar tidak menjadi temuan. “Papan nama proyek juga harus ada,” kata Wabup.

Baca juga: Bupati Banggai Ajak Warga Berhijrah Menjadi Pribadi Yang Baik

Dari hasil pantauan, memang tidak terlihat satu pun papan nama proyek yang sedang dilaksanakan. “Padahal itu sangat penting sekali, sebagai bentuk sosialisasi ataupenyampaian kepada masyarakat serta bentuk tranparansi pemerintah kepada masyarakat,” ujar Wabup mengingatkan.

Dari data yang ada di Bagian Bipram Setda Kabupaten Banggai, terdapat beberapa pekerjaan yang dikerjakan di wilayah kepala burung. Salah satu lokasi yang juga ditinjau oleh Wakil Bupati Furqanuddin adalah pekerjaan peningkatan jalan Balantak Kiloma-Tongke. Tapi saat peninjauan pada Senin (24/07/2023), nampak belum ada aktivitas apa pun pada ruas jalan tersebut. “Nanti coba tanyakan ke pihak Dinas PUPR, apa belum dilelang atau bagaimana,” kata Staf Khusus Bupati Hasbullah Adjibu tatkala ditanyakan.

Sampai dengan berita ini dirilis, hal ini belum sempat dikonfirmasi ke pihak Dinas PUPR Kabupaten Banggai.

Baca juga: Tak Ada Pilih Kasih di Penertiban Pasar Simpong!

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin dan tim berkesempatan melakukan monitoring dan evaluasi untuk pekerjaan jalan usaha tani, peningkatan jalan Balantak Kiloma Tongke, rehabilitasi jalan dalam Kota Kecamatan Balantak dan rehabilitasi jalan dalam Kota Kecamatan Balantak Utara. (top)

Comments
Loading...